spot_img
Selasa, April 16, 2024
spot_img

Apabila Indonesia Hentikan Pasokan ini, Timor Leste Kewalahan!

KNews – Apabila Indonesia hentikan pasokan ini, Timor Leste kewalahan! Timor Leste termasuk negara termiskin di dunia dan menempati urutan 152.

Padahal, negara bersatu darat dengan Nusa Tenggara Timur, memiliki ladang minyak. Namun, itu tak membuat rakyatnya sejahtera.

- Advertisement -

Bahkan, Timor Leste membutuhkan pasokan minyak dari Indonesia. Seperti diketahui, sejak 19 tahun yang lalu Timor Leste resmi lepas dari Indonesia.

Saat ini Timor Leste menjadi negara yang merdeka. Meski telah diakui sebagai negara di mata dunia internasional, Timor Leste ternyata tetap tak mampu berdiri sendiri tanpa Indonesia.

- Advertisement -

Sudah bukan rahasia lagi, Timor Leste memang dikenal dengan nama Timor Timur yang masih bagian dari Indonesia. Namun ternyata, seiring berjalannya waktu daerah di bawah Nusa Tengara Timur tersebut memilih untuk melepaskan diri dari Indonesia.

Konfrontasi militer antara Indonesia dan Timor Timur sempat pecah hingga memunculkan operasi militer yang disebut dengan Operasi Seroja.

- Advertisement -

Militer Indonesia saat itu dikerahkan ke Timor Timor dengan tugas menumpas pejuang sparatis Fretilin yang menginginkan kemerdekaan Timor Timur.

Akhirnya pada 30 September 1999, Timor Timor memilih melepaskan diri dari Indonesia. Tepatnya pada tanggal 20 Mei 2002, Timor Leste secara resmi tercatat sebagai negara yang diakui oleh PBB.

Meski pemerintah Indonesia kala itu menawarkan opsi sebagai daerah otonomi khusus, ternyata penawaran tersebut ditolak mentah-mentah oleh masyarakat Timor Leste.

Oleh karena itu, Indonesia harus rela melepas salah satu bagian dari NKRI dan menjadi negara tetangga.

Saat ini setelah 19 tahun, Timor Leste menjadi negara merdeka. Ternyata negara tetangga tersebut masih sangat bergantung pada Indonesia.

Mengutip dari Pos Kupang, terbukti dari Indonesia menjadi eksportir utama kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh penduduk Timor Leste. Bahkan hampir semua kebutuhan pokok yang ada di Timor Leste datang dari Indonesia.

Termasuk minyak yang disuplai dari PT Pertamina. Selain itu, kondisi ekonomi Timor Leste yang tidak menunjukkan perkembangan semenjak lepas dari Indonesia menjadi salah satu faktor.

Melansir dari laporan resmi Bank Dunia, pertumbuhan ekonomi Timor Leste terbilang masih lambat di negara Asia Tenggara.

Bahkan Timor Leste tercatat termasuk bagian dari negara termiskin di dunia. PDB per kapita Timor Leste sekitar Rp34,23 juta pada Desember 2020, sementara Indonesia sekitar Rp60 juta pertahun.

Selain bergantung pada Indonesia, Timor Leste juga menggantungkan barang-barang lainnya dari Australia.

Timor Leste sendiri tidak memiliki sumber daya selain minyak. Namun neraca fiskal Timor Leste sangat buruk karena permintaan rumah tangga yang tinggi dan pengeluaran publik yang terus meningkat.

Apalagi, saat ini akibat Covid-19 ekonominya dikabarkan makin amburadul. Menurut laporan Timor Leste Economic Report, pemerintah Timor Leste telah mencairkan Rp250 miliar dari Petroleum Fund.

Sebanyak 60 persennya digunakan untuk penangananan Covid-19. Bahkan saat kedatangan salah satu mantan Presiden Timor Leste ke Jakarta, dengan terang-terangan meminta bantuan Indonesia.

Bantuan tersebut sebagai cara untuk menanggulangi pandemi virus corona yang juga melanda Timor Leste. “Karena harus mengerti, kami tidak memiliki fasilitas dan yang kita bisa hanya meminta bantuan ke negara-negara lain,” ujar Xanana.(RKZ/bp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini