Apa Saja Yang Disadap Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal?
1 min read

Apa Saja Yang Disadap Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal?

KNews.id – JAKARTA Apa saja yang disadap pinjaman online (pinjol) ilegal? ini jawabannya yang perlu diperhatikan nasabah. Pinjaman online (pinjol)merupakan layanan yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dana cepat. Akan tetapi, beberapa layanan pinjol terbilang tidak bertanggung jawab dan merugikan penggunanya.

Salah satunya bisa menyadap data pribadi Anda. Bahkan bisa meneror keluarga terdekat Anda. Tentunya ini meresahkan para nasabah. Lantas apa saja yang disadap pinjol ilegal? Ini jawabannya yang biasa ditemukan kasusnya. Salah satunya mengenai isi chat di ponsel hingga data bank bisa disadap.

Salah satunya, kasus seorang ibu yang meminta namanya diinisialkan YA mengaku ponselnya disadap setelah mengajukan aplikasi pinjaman uang secara online. Dia merasa terancam karena debitur menagih utangnya ke kerabat atau orang yang dikenalnya. Adapun penyadapan ini biasanya dilakukan oleh pinjol ilegal.

Untuk mengetahui handphone telah disadap atau tidak, rupanya terdapat ciri-ciri yang kerap kali muncul saat handphone mulai disadap pinjol ilegal. Lalu, kuota internet cepat habis secara tidak wajar. Hal ini bisa terjadi karena pinjol ilegal akan menggunakan kuota internet tersebut untuk mengirim data yang diambil ke server.

Handphone yang disadap juga mendadak menginstall aplikasi yang tak dikenal dan menjadi cepat panas dan lemot. Keamanan privasi di handphone juga akan hilang dan yang pasti, ponsel yang disadap sering kali mendapat panggilan dan pesan dari nomor yang tidak dikenal.

Oleh karena efek bahayanya ini, sangat tidak disarankan untuk mengajukan pinjaman melalui pinjaman online atau pinjol. Lakukan pinjaman pada lembaga keuangan resmi seperti bank maupun koperasi.

(Zs/Ok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *