spot_img
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Apa Manfaat Minum Air Kunyit Setiap Hari?

KNews.id – Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang kerap digunakan sebagai bumbu dan ramuan herbal.

Apa manfaat minum air kunyit setiap hari?

- Advertisement -

Ternyata, minum kunyit setiap hari dapat mendukung kesehatan tubuh, seperti menghindarkan dari inflamasi, melindungi dari radikal bebas, dan menurunkan risiko penyakit degeneratif.

Air kunyit umumnya aman diminum setiap hari dalam jumlah yang wajar, atau tidak lebih dari 12 gram kunyit.

- Advertisement -

Tak Hanya Sehat Apa manfaat minum air kunyit setiap hari? Minum air kunyit setiap hari secara rutin ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh. Disarikan dari Medical News Today dan Pharmeasy.

berikut adalah beberapa manfaat minum air kunyit setiap hari yang perlu diketahui.

- Advertisement -

Mengurangi gejala radang sendi

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang dapat mengurangi gejala arthritis, atau radang sendi. Bahkan, konsumsi air kunyit secara rutin sudah terbukti menurunkan gejala rheumatoid arthritis hingga 63 persen.

Melindungi dari radikal bebas

Kandungan kurkumin pada kunyit juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi dari radikal bebas. Manfaat ini juga akan melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung dan kanker.

Menurunkan risiko diabetes

Tipe 2 Kunyit sudah digunakan sejak dulu sebagai obat tradisional untuk diabetes. Pasalnya, kandungan kurkumin dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 dengan menghambat pembentukan sitokin inflamasi dan menyeimbangkan kadar gula darah.

Meningkatkan sistem imun tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat meningkatkan sistem imun tubuh dengan kandungan antioksidan, antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri yang dimilikinya. Bahkan, kurkumin pada kunyit juga berfungsi sebagai imunomodulator, yang dapat mengatur fungsi sel imun sehingga akan melindungi dari kanker.

Menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi pada kunyit bisa mendukung kesehatan jantung.
Bahkan, kurkumin pada kunyit sudah terbukti dapat mengencerkan darah, menurunkan kolesterol, dan mencegah penyempitan pembuluh darah sehingga risiko komplikasi penyakit jantung akan berkurang.

Menurunkan risiko kanker

Kurkumin dianggap dapat menurunkan risiko kerusakan sel di dalam tubuh, menurunkan risiko mutasi sel dan kanker. Beberapa penelitian juga sudah menunjukkan bahwa kurkumin pada kunyit juga memiliki kandungan anti-tumor sehingga perkembangan dan penyebaran sel tumor dapat dikurangi.

Mencegah Alzheimer

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa kurkumin dapat menurunkan risiko beberapa penyakit neurodegeneratif, termasuk Alzheimer. Para ahli percaya bahwa kandungan antioksidan dan antiinflamasi pada kunyit dapat menurunkan kerusakan sel, inflamasi, dan penumpukan zat amiloid, atau plak.

Mengurangi gejala depresi

Kurkumin dapat meningkatkan kadar BDNF, atau brain-derived neurotrophic factor, sehingga bermanfaat bagi orang-orang dengan depresi. Kurkumin juga dapat meningkatkan kadar neurotransmitter otak, seperti serotonin dan dopamin.

Mengatasi gangguan pencernaan

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi pada kunyit dapat mengatur bakteri di dalam usus. Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami efek kurkumin pada penderita sindrom iritasi usus besar dan gangguan pencernaan lainnya, seperti penyakit Crohn.

Menurunkan berat badan

Kunyit berguna untuk membantu orang-orang dengan gangguan metabolik karena bisa menurunkan indeks massa tubuh. Kandungan kunyit juga dapat mengurangi kadar leptin, yang merupakan hormon untuk mengatur nafsu makan dan penyimpanan lemak di dalam tubuh.

Air kunyit umumnya aman untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, Anda diimbau untuk tidak minum air kunyit dengan campuran kunyit lebih dari 12 gram.

Dengan memahami apa manfaat minum air kunyit setiap hari, Anda bisa mulai mengonsumsinya secara rutin. Namun, Anda yang memiliki riwayat medis atau sedang minum obat tertentu perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum minum air kunyit setiap hari.

(Zs/Kmps)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini