spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Apa Kata TPN Pasangan No 2 “Tentang Ijazah Gibran?”

 

KNews.id – Setalah Dr. Tifa mengungkap ijazah Gibran, yang diniali bukan ijazah akademik, yaitu setara dengan D1 saja. Tetapi Roy Suryo mengungkap surat dari Kementrian Pendidikan Nasional, yang menyatakan ijazah Gibran tersebut setara dengan SMK.

- Advertisement -

Merespon apa yang sedang menjadi diskursus di masyakarat, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, Rian Ernest, buka suara soal keraguan soal ijazah putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang mencuat di dunia maya. Gibran diisukan hanya mengantongi ijazah pendidikan setingkat SMK.

Rian Ernest mengatakan mencuatnya isu itu menandakan tahun politik yang kian dekat.

- Advertisement -

“Inilah gejala bahwa tahun politik sudah di depan mata,” kata Rian di kawasan Kalibata, Jakarta, Sabtu, 18 November 2023.

Gejala pada tahun politik, menurut Rian, ditandai dengan maraknya kabar dengan sumber informasi yang sumir.

- Advertisement -

“Jadi isu-isu yang kita juga tidak tahu dari mana datangnya mulai beredar,” ucapnya.

Rian mengatakan pihaknya akan mengonfirmasi terlebih dahulu ihwal kebenaran informasi itu di internal TKN Prabowo-Gibran.

“Saya akan cek di internal seperti apa, tapi setahu saya sampai hari ini enggak ada pembahasan soal itu,” ujarnya.

Keraguan ijazah Gibran di Australia mencuat di dunia maya

Sebelumnya, sebuah unggahan memuat surat keterangan tentang penyetaraan pendidikan Gibran itu setingkat SMK. Surat itu menyatakan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah pada tahun 2019 mengeluarkan surat bernomor 9149/D.DI/KS/2019.

Surat itu menerangkan bahwa Wali Kota Solo tersebut telah menyelesaikan kelas 12 di University of Technology Sydney (UTS) Insearch di Sydney, Australia pada tahun 2006. UTS Insearch merupakan institusi pendidikan yang menawarkan program jalur lanjutan atau persiapan ke UTS.

Gibran, dalam surat itu, disebut memiliki pengetahuan setara tamat SMK Peminatan Akuntansi dan Keuangan di Indonesia. Surat keterangan ini diteken oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Sutanto pada 6 Agustus 2019.

Kemendikbud Ristek sebut Gibran kantongi ijazah dari Singapura

Sementara itu, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nizam mengonfirmasi Gibran mengantongi gelar Bachelor of Science dari University of Bradford, Singapura. Hal itu tercantum dalam Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan tentang Hasil Penilaian Kesetaraan Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri Atas Nama Gibran Rakabuming Raka.

Surat dengan nomor 2296/Belmawa/Kep/IJLN/2019 itu menyatakan, ijazah atas nama Gibran Rakabuming Raka dari University of Bradford telah disetarakan dengan Sarjana di Indonesia. Lembar keputusan diteken oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Paristiyanti Nurwardani pada 8 Agustus 2019. Melalui keputusan ini, diketahui Gibran menamatkan studi di bidang marketing.

“Ijazah Gibran diterbitkan pada 14 November 2010 di Singapura. “Bachelor-nya dari Singapura. Dari penyetaraan tersebut, Mas Gibran sarjana dari Singapura,” kata Nizam kepada Tempo pada Sabtu, 18 November 2023.

Gibran Rakabuming Raka merupakan calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. Pasangan ini diusung oleh Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat. Selain itu, pasangan itu juga didukung oleh Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Prima, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

(Zs/Fu.co)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini