spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Antony Blinken Batal ke Thailand, Delegasinya Positif Corona dari Jakarta

KNews – Antony Blinken batal ke Thailand, delegasinya positif corona dari Jakarta. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mempersingkat perjalanan ke Asia Tenggara setelah seorang anggota delegasinya terjangkit virus corona.

Semestinya Blinken bertemu dengan pejabat Thailand di Bangkok pada Kamis setelah mengunjungi Indonesia dan Malaysia. Namun putaran ketiga dan terakhir dari tur tiga negara itu dibatalkan.

- Advertisement -

“Menlu AS akan kembali ke Washington DC, karena sangat berhati-hati,” kata juru bicara Antony Blinken kepada menteri luar negeri Thailand Don Pramudwinai.

Wartawan yang merupakan rombongan delegasi dinyatakan positif COVID-19 di Malaysia, setelah tiba bersama Blinken dari Jakarta, Indonesia. Orang itu tidak berpartisipasi dalam kegiatan Blinken di Kuala Lumpur.

- Advertisement -

Tidak ada pula anggota delegasi lainnya yang tertular virus, menurut kedutaan AS di Malaysia dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara departemen luar negeri mengatakan bahwa keputusan untuk mengakhiri tur diambil untuk mengurangi risiko penyebaran COVID-19. Selain itu untuk memprioritaskan kesehatan dan keselamatan rombongan. Kedutaan Besar AS di Jakarta mengatakan di Twitter bahwa semua orang yang terlibat dalam kegiatan itu telah dites negatif di Indonesia.

- Advertisement -

Pesawat Antony Blinken hanya akan melakukan persinggahan teknis di Thailand secara singkat. Tak ada agenda pembicaraan resmi antara kedua pihak. Blinken segera kembali ke Amerika Serikat.

Kedatangan Antony Blinken ke Asia Tenggara ditujukan untuk menantang China yang semakin tegas. Kunjungan ini juga bertujuan pula membangun kembali pengaruh AS di Asia setelah turbulensi dan ketidakpastian era Donald Trump.

Perjalanan dimulai dari Jakarta, Indonesia. Blinken bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo. Ia lalu terbang ke Malaysia dan memberikan konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah di Kuala Lumpur.

Sebelum tiba di Indonesia, Antony Blinken mengikuti pertemuan para menteri luar negeri G7 di Inggris yang didominasi ketegangan dengan Rusia. Dia awalnya akan berhenti di Hawaii  dalam perjalanan kembali ke Amerika Serikat. (RKZ/tc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini