spot_img
Kamis, April 18, 2024
spot_img

Antisipasi Lebaran, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai senilai Rp20,8 Triliun

KNews.id- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, menyiapkan kebutuhan uang tunai sebesar Rp20,8 triliun atau naik sekitar 9,4% secara year on year untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 28 hari pada 19 April – 16 Mei 2021 saat periode libur Idul Fitri 1442 H. Direktur Operation Bank Mandiri Toni EB Subari menyatakan, perkiraan net kebutuhan uang tunai tersebut telah memperhitungkan proyeksi kenaikan pengisian kas ATM sebesar 11,3% menjadi Rp44,5 triliun atau sebesar Rp1,59 triliun per hari pada periode tersebut.

“Dengan lebih dari 25 juta nasabah, kami sangat fokus untuk memastikan ketersediaan dana, terutama pada mesin ATM agar dapat terus prima selama 24/7 melayani kebutuhan nasabah, apalagi saat libur lebaran pada 12 hingga 14 Mei 2021 nanti,” kata Toni melalui keterangan resminya di Jakarta, Senin 26 April.

- Advertisement -

Dia memperkirakan, puncak transaksi tunai akan terjadi pada dua pekan terakhir menjelang libur  lebaran yang merupakan periode pembayaran gaji dan THR, serta selama libur lebaran pada 12 hingga 16 Mei 2021) terutama untuk kebutuhan pengisian ATM.

“Berdasarkan historis, kami perkirakan puncak transaksi di mesin ATM adalah pada periode akhir pekan 30 April hingga 2 Mei serta 7-9 Mei 2021. Untuk mengantisipasi kondisi itu, kami juga telah memberlakukan kebijakan optimalisasi limit pengisian ATM hingga maksimal 100% sejak 19 April hingga 13 Mei 2021,” tambah Toni.

- Advertisement -

Saat ini, Bank Mandiri mengoperasikan 13.076 mandiri ATM yang terhubung ke lebih dari 40.000 jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus.

Dia juga menambahkan, pihaknya juga memastikan kesiapan tim monitoring dan pengamanan mesin ATM agar selalu siap melayani nasabah, serta layanan customer care untuk melayani seluruh keluhan nasabah dengan responsif, baik yang disampaikan melalui contact center 14000, kantor cabang, surat elektronik maupun akun media sosial resmi perseroan.

- Advertisement -

Di samping itu, pihaknya akan terus mengimbau nasabah untuk meningkatkan pemanfaatan  jaringan elektronik lainnya seperti layanan mobile banking Livin’ by Mandiri untuk kenyamanan bertransaksi.

“Saat ini, hampir seluruh transaksi pembayaran sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Livin’ by Mandiri pada smartphone nasabah. Total ada lebih dari 1.800 merchant yang terhubung ke aplikasi ini,” tukas Toni. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini