spot_img
Jumat, Mei 24, 2024
spot_img

Anti Lemas Saat Puasa

 

KNews.id – Jakarta ,  Asupan nutrisi saat sahur bisa menjadi kunci tubuh kuat berpuasa seharian. Tak sekadar kenyang, makanan yang kamu konsumsi saat sahur harus diperhatikan nutrisinya.

- Advertisement -

Salah satu rahasia untuk kuat dan anti lemas saat berpuasa ialah mengonsumsi makanan atau minuman yang tepat yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein, vitamin, dan mineral. Dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang, kamu bisa jaga energi dan kuat berpuasa seharian.

Makanan yang bisa kamu konsumsi saat sahur untuk menambah energi dan kuat berpuasa antara lain ikan, susu dan yoghurt, buah-buahan, dan sayuran hijau. Selain asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi, asupan air mineral yang cukup juga merupakan hal yang perlu diperhatikan, terutama untuk mencukupi kebutuhan mineral tubuh kita.

- Advertisement -

Hal ini juga diungkapkan oleh Profesor Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor sekaligus Ketua Umum PERGIZI PANGAN Prof Dr Hardinsyah MS yang menyebutkan kecukupan mineral bisa diperoleh sebagian besar dari sayur dan buah-buahan. Namun perlu juga didukung dengan pemilihan air mineral yang terjamin mengandung mineral berkualitas.

Pilihan air mineral berkualitas dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral esensial dalam tubuh. Adapun kecukupan mineral ini bermanfaat untuk menjaga energi, kebugaran, dan metabolisme tubuh.

- Advertisement -

Salah satu ciri air mineral berkualitas bisa dilihat dari informasi kandungan gizi di kemasannya. Informasi ini menjadi jaminan kualitas mineral yang terkandung di dalamnya. Bila produk ini bisa mencantumkan informasi kandungan mineral, artinya kandungan mineralnya terjaga kualitasnya dan dijamin sama di setiap botolnya.

Mineral bermanfaat untuk menjaga metabolisme dan kebugaran tubuh. Beberapa mineral yang berperan dan mendukung kebugaran tubuh, antara lain:

1. Magnesium adalah mineral esensial yang berperan menjaga fungsi otot dan saraf yang sehat, mengatur tekanan darah, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

2. Sodium penting untuk kontraksi otot, transmisi sinyal saraf, dan fungsi jantung yang sehat. Namun, konsumsi sodium yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, sehingga perlu diatur dengan bijak.

3. Nitrat atau nitrogen oksida membantu memperluas pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah yang dapat mendukung kesehatan jantung dan sistem vaskular.

4. Klorida berperan dalam produksi asam lambung yang penting untuk pencernaan yang sehat.

Le Minerale merupakan salah satu produk yang bisa menjadi pilihan untuk mendukung kecukupan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki kandungan mineral berkualitas yang lengkap seperti kalsium, magnesium, sodium, potassium, nitrat, bikarbonat, sulfat, dan klorida. Semua kandungan mineral ini tercetak jelas di labelnya dan menjadikan Le Minerale satu- satunya yang memiliki informasi kandungan mineral di botolnya, dan menjadi jaminan kualitas bagi konsumen

Kandungan mineral juga umumnya terukur dari kadar pHnya. Sebagai informasi, diperlukan uji laboratorium yang ketat dengan standar yang ditetapkan oleh Kemenkes dan BPOM untuk dapat mencantumkan informasi nilai gizi dalam suatu kemasan. Untuk kadar pH yang disarankan, umumnya berada di kisaran 6,0-8,5 karena penting untuk menyeimbangkan asam-basa (kadar pH) dalam tubuh.

“Umumnya, berbagai cairan minuman yang dijual di pasaran memiliki pH 3,5 sampai 8,0. Namun pH darah manusia normal ada di kisaran +/- 7 atau cenderung lebih basa. Untuk itu, dibutuhkan air dengan pH tinggi yang nantinya akan bermanfaat menyeimbangkan pH dalam tubuh, karena pH darah yang tidak normal bisa menyebabkan gangguan proses metabolisme dalam tubuh,” ungkap Prof Hardin dalam keterangannya kepada detikcom.

“Jadi menurut saya salah satu manfaat mineral (dalam air mineral) ini adalah meningkatkan suasana basa air minum supaya dekat dengan pH darah kita. Dengan demikian, air mineral ini dapat membantu menetralkan dan menyeimbangkan pH dalam tubuh demi kesehatan yang tetap terjaga,” imbuhnya.

Air minum dalam kemasan (AMDK) Le Minerale memiliki kadar pH sebesar 7,8 yang masuk dalam persyaratan mutu air mineral berdasarkan SNI di kisaran 6,0-8,5. Dengan demikian, Le Minerale mampu secara optimal berperan menyeimbangkan pH dalam tubuh.

Selain itu, air mineral berkualitas harus bebas dari cemaran. Dengan begitu, kemasannya pun harus dipastikan higienis. Le Minerale menjaga kualitas mineral di dalamnya dengan kemasan yang higienis dan tutup kedap udara agar air mineral berkualitas ini dapat terus bantu menjaga kesehatan tubuh dan agar tak lemas saat berpuasa.

(Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini