Antasari Azhar Ungkap Belum Terima Uang Pensiun dan Dana Taspen

0
76

KNews.id – Jakarta (Suara Kalbar)- Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar mengungkapkan bahwa selama ini ia tidak pernah menerima uang pensiun sebagai jaksa maupun dana dari Taspen yang menjadi haknya.

Antasari, yang pensiun sebagai jaksa pada usia 60 tahun pada 2013, menyatakan bahwa hingga kini, pada usia 71 tahun, ia belum menerima uang pensiun.

“Saya pensiun umur 60 tahun, tetapi enggak dapat uang pensiun, dana Taspen saya juga belum dibayarkan,” ujarnya.

Antasari Azhar sempat menjalani hukuman selama 8 tahun penjara atas dakwaan kasus pembunuhan dan bebas pada 2017. Mantan kajari Jakarta Selatan ini mengaku tidak mempermasalahkan jika tidak dibayarkannya uang pensiun terkait putusan yang menyebabkan ia pernah masuk penjara.

“Namun, uang Taspen saya seharusnya dibayar, karena itu hak pribadi,” jelas Antasari.

Selain itu, hilangnya hak seseorang sebagai pejabat publik atau hak lainnya harus tertuang dalam putusan pengadilan. Sedangkan dalam vonis terhadap Antasari, tidak ada penyebutan tentang uang pensiun dan dana Taspen miliknya. “Putusan (terhadap) saya hanya pidana penjara sekian tahun, itu saja. Tidak melarang saya macam-macam,” tutur Antasari.

Antasari mengaku sering mendapat pertanyaan dari istrinya. Sebab, istri Antasari yang kerap bersama eks istri pensiunan jaksa melihat teman-temannya menerima uang pensiun suami. “Saya bilang, sabar dahulu, mudah-mudahan sebentar lagi dibayarkan,” kata Antasari.

Saat ditanya apakah pernah mempertanyakan belum cairnya dana Taspen ke pihak terkait, Antasari mengatakan selama ini diam. Sebab, semestinya koleganya di kejaksaan yang masih aktif, perlu merespons hal tersebut. “Kalau ada dapat (dana Taspen) antar ke saya berapa tabungan Taspen saya. Itu harapan saya,” tutupnya.

(Zs/BS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini