spot_img
Sabtu, Februari 24, 2024
spot_img

Anies Nilai Perlu BPJS Ketenagakerjaan Khusus Ojek Online

KNews.id –  Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan menilai pemerintah perlu mengakomodir kebutuhan para pekerja ojek online (ojol). Menurutnya, ojol memerlukan jaminan kesehatan khusus dari kementerian tenaga kerja (Kemenaker).

“Menurut saya negara harus hadir untuk membantu memberikan jaminan kerja, jaminan kesehatan kepada semua yang bekerja di industri online, ojek online. Ini harus,” kata Anies di ‘Desak Anies’ edisi buruh dan ojol di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

- Advertisement -

Bahkan, lanjut Anies dalam catatannya semua regulasi yang terkait dengan jaminan kesehatan maupun jaminan kerja bagi ojol belum menjadi perhatian pemerintah.

“Kementerian kesehatan tidak boleh absen, justru harus hadir dan menyusun regulasi untuk para pekerja online,” kata dia.

- Advertisement -

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai dibutuhkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan khusus ojol. Selain itu, dia memandang terdapat banyak program subsidi milik pemerintah yang bisa diberikan kepada ojol.

“Jadi ini bagian dari memastikan bahwa kebutuhan kesejahteraan bisa ditingkatkan lalu hak-haknya sebagai pekerja harus diberikan,” ujar dia.

Selain itu, dia juga mendorong adanya hak berserikat hingga aturan terkait standar keamanan bagi ojol dalam bekerja.

“Kita tahu banyak sekali kejadian kecelakaan karena tidak ada batasan jam kerja, tidak ada unsur kontrol, dan kelelahan itu sangat bisa terjadi dan ketika kelelahan terjadi potensi kecelakaan itu sangat tinggi,” terang Anies.

“Jadi kami melihat ini penting. Terakhir barangkali transparansi tentang imbal hasil atau komisi yang didapat sehingga kita semua tahu gimana pengaturannya,” tandasnya.

(Zs/Lptn.6)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini