spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Anies Baswedan: Sindir Giring Lewat Band Nidji

KNews – Anies Baswedan: sindir Giring lewat band Nidji. Group band Nidji tanpa Giring yang tampil di Jakarta International Stadium (JIS) merupakan cara komunikasi Anies Baswedan secara satire.

“Anies Baswedan hanya membalas kritik keras Giring Ganesha dengan satire,” kata pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga kepada redaksi www.suaranasional.com, Senen (17/1/2022).

- Advertisement -

Jamiluddin mengatakan, gaya komunikasi Anies yang cenderung indirect memang sesuai kultur orang timur. Hal itu sesuai yang dikatakan Edward T Hall, komunikasi orang timur pada umumnya indirect namun banyak makna.

“Hal itu kerap dilakukan Anies saat meng-counter serangan yang ditujukan kepadanya. Anies tidak membalasnya secara langsung, tapi melalui pengandaian,” ungkapnya.

- Advertisement -

Kecenderungan seperti itu juga kerap dilakukan oleh orang-orang yang terdidik. Orang terdidik pada umumnya berkomunikasi secara santun dengan mengedepaankan etika.

Namun berbeda halnya saat Anies menyampaikan informasi, kata Jamiluddin, biasanya ia sangat jelas, runtut, dan sangat beretika. Karena itu, orang menerima informasinya akan mudah memahaminya.

- Advertisement -

“Jadi, gaya komunikasi Anies memang berbeda saat meng-counter dan saat menyampaikan informasi. Meski berbeda, Anies tetap menjaga etika,” pungkasnya. (RKZ/sn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini