spot_img
Jumat, Mei 17, 2024
spot_img

Anggota Parlemen Turki Meninggal saat Berpidato Bela Palestina

KNews.id – Seorang anggota parlemen oposisi Turki meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung ketika tengah berpidato membela Palestina. SOSOK Bitmez anggota parlemen Turki dikabarkan meninggal dunia.

Bitmez terkena serangan jantung saat sedang protes mengenai Israel dan membela Palestina. Dua puluh menit pidato, Bitmez ambruk dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

- Advertisement -

Bagaimana kabar lengkapnya?

Dilaporkan Al Jazeera, Menteri Kesehatan Fahrettin Koca mengatakan pada Kamis (14/12/2023), Hasan Bitmez (54), anggota Partai Felicity, meninggal di rumah sakit Ankara dua hari setelah kejadian tersebut.

- Advertisement -

Bitmez memprotes Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) pimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan soal kapal-kapal Turki yang diizinkan pergi ke Israel.

“Anda mengizinkan kapal-kapal pergi ke Israel, dan Anda tanpa malu-malu menyebutnya sebagai perdagangan,” katanya. “Anda adalah kaki tangan Israel.” “Bahkan jika Anda lolos dari siksaan sejarah, Anda tidak akan bisa lepas dari murka Tuhan.”

- Advertisement -

Bitmez kemudian ambruk setelah berpidato selama sekitar 20 menit. Anggota Majelis Agung Nasional lainnya bergegas menolong Bitmez. Koca mengatakan pada hari kejadian, Bitmez telah diresusitasi di parlemen dan dipindahkan ke rumah sakit dalam waktu 20 menit.

Di rumah sakit, Bitmez terus dipantau sambil menggunakan peralatan medis. Tokoh oposisi tersebut, yang sudah menikah dan merupakan ayah dari satu anak, merupakan lulusan Universitas Al-Azhar Kairo.

Ia bekerja untuk kelompok non-pemerintah Islam dan menjadi ketua Pusat Penelitian Persatuan Islam. Pidatonya menuduh pemerintah Turki melanjutkan hubungan ekonomi bersahabat dengan Israel di tengah serangan Israel di Gaza, yang telah menewaskan hampir 19.000 warga Palestina.

Ucapannya mendapat cemoohan dari anggota Partai AK. Meskipun Erdogan berupaya meningkatkan hubungan dengan Israel sebelumnya, ia juga menentang perang yang terjadi saat ini antara Israel dan kelompok bersenjata Palestina, Hamas. Erdogan bahkan menyebut Israel sebagai “negara teror” dan mendorong dilakukannya gencatan senjata.

Dalam sebuah upacara kecil pada hari Kamis di halaman Majelis Agung Nasional, peti mati Bitmez dibungkus menggunakan bendera Turki. Sebuah bendera kecil Palestina juga ditempelkan di atasnya.

Situasi Terkini di Gaza

Dikutip dari Al Jazeera, berikut rangkuman situasi terkini di tengah perang antara Israel dan Hamas

– Presiden AS Joe Biden mengatakan dia ingin Israel fokus pada menyelamatkan nyawa warga sipil. Sebelumnya, penasihatnya, Jake Sullivan bertemu dengan PM Israel Netanyahu. Keduanya membicarakan peralihan fase konflik “intensitas tinggi” di Gaza.

– Perusahaan telekomunikasi Palestina mengatakan layanan di Gaza terputus lagi, saat Israel menyerang sejumlah lokasi di wilayah kantong tersebut. Kantor media pemerintah Gaza mengatakan pemadaman komunikasi berarti akan semakin sulit menjangkau korban tewas dan terluka. Namun, pasukan Israel kembali melakukan serangan semalaman di Tepi Barat.

– Setidaknya 18.787 warga Palestina telah tewas dalam serangan Israel sejak 7 Oktober. Israel juga merivisi jumlah korban tewas di pihaknya menjadi 1.147 orang.

– Kelompok Houthi Yaman mengatakan mereka telah melakukan serangan lain terhadap sebuah kapal yang berlayar di Laut Merah. Houthi mengatakan mereka menyerang kapal kargo “tujuan Israel” dengan pesawat tak berawak.

– Para pengunjuk rasa menyerukan gencatan senjata di Gaza, memblokir jembatan di negara bagian Oregon, AS

– Pengunjuk rasa Yahudi juga memblokir jalan di pusat kota Boston, menuntut gencatan senjata di Gaza.

– Guru sekolah AS ditangkap karena ‘mengancam akan memenggal’ anak Muslim yang tersinggung oleh bendera Israel

– The Times of Israel melaporkan bahwa uji coba yang dilakukan oleh militer Israel untuk membanjiri terowongan di Gaza telah terbukti berhasil, meskipun rincian spesifik mengenai keberhasilan tersebut masih belum jelas.  (Zs/Trbn)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini