spot_img
Selasa, April 16, 2024
spot_img

Analis: Kinerja Krakatau Steel Masih Cukup Menjanjikan!

KNews.id- Pernyataan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terkait PT Krakatau Steel Tbk yang berpotensi default atau bangkrut menuai beragam reaksi.

Sebelumnya, Erick bilang, ada 3 langkah restrukturisasi yang perlu dilakukan Krakatau Steel agar terhindar dari kebangkrutan. Salah satunya adalah negosiasi kerja dengan salah satu perusahaan baja Posco.

- Advertisement -

Namun, Kepala Riset Praus Capital Marolop Alfred Nainggolan mengungkapkan, pernyataan Menteri BUMN tak sejalan dengan fakta kinerja KRAS hingga kuartal III-2021.

Menurut dia, dengan pencapaian laba KRAS hingga kuartal III-2021 yang mencapai Rp 1,05 triliun telah menghasilkan kenaikan kinerja yang cukup signifikan

- Advertisement -

“Hampir semua emiten baja di tahun ini membukukan kenaikan kinerja yang sangat signifikan, bisa dibilang tahun ini adalah kebangkitan baja domestik dan ini adalah hasil dari komitmen pemerintah untuk dukungan terhadap produk baja lokal. Produk baja impor turun, Indonesia mampu mengekspor produk bajanya,” kata dia saat dihubungi Kontan, Selasa (7/12).

Dengan melihat pertimbangan tersebut, dia menilai, meski KRAS memiliki utang yang tinggi namun kalau diproyeksikan bangkrut menurutnya jauh dengan fakta yang ada.

- Advertisement -

Di samping itu, Alfred juga menilai melalui restrukturisasi utang, Krakatau Steel telah mengurangi total beban bunga utang selama sembilan tahun dari Rp 12,3 triliun menjadi Rp 6,7 triliun.

Dengan demikian, KRAS telah berhasil menurunkan utang dan perpanjangan tenor lewat restrukturisasi utang sehingga tekanan terhadap pembayaran utang dalam jangka pendek akan berkurang.

“Sehingga potensi KRAS untuk menurunkan beban utang sangat banyak seperti rights issue, monetisasi asetnya seperti blast furnace, Divestasi aset-aset strategis (anak usaha) dan perolehan laba dari usaha,” jelasnya.

Alfred menambahkan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan perseroan untuk bisa menyelamatkan kinerja perusahaan yakni tahap pertama adalah restrukturisasi untuk menghilangkan potensi default dalam jangka pendek di mana proses ini sudah berjalan dan berhasil.

Untuk potensi default dalam jangka panjang, KRAS dalam dua tahun berturut-turut telah menghasilkan laba, sehingga hal itu tentu akan menumbuhkan kemampuan pembayaran KRAS terhadap beban utangnya.

“KRAS juga memiliki aset-aset strategis yang bisa di divestasi seperti Anak-anak Usaha. Untuk blast furnace, sepengatahuan saya sudah di spin off dari neraca, kalau blast furnace bisa di monetisasi maka akan ada recovery,” tambah dia.

Di samping itu, ada langkah lain yang bisa dilakukan perseroan yakni melakukan divestasi aset atau melakukan initial public offering (IPO) anak usahanya dengan nilai optimal.

“Untuk penjualan anak usaha yang strategis, kepemilikan mayoritas menjadi keharusan untuk dipertahankan. Seperti aset strategis pada anak usaha KIS (Holding infrastruktur),” tutup dia. (Ade/kntn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini