spot_img
Rabu, Juni 26, 2024
spot_img

Amalan yang Sebaiknya di Lakukan saat Jumat Subuh

KNews.id – Syekh Ali Jaber dan Ustaz Abdul Somad mengingatkan amalan yang sebaiknya dilakukan sejak subuh. Sebagaimana diketahui, dalam Islam, subuh adalah waktu yang istimewa. Hal ini karena saat subuh, malaikat menyaksikan ibadah yang kita lakukan.

Sebagaimana tercantum dalam Surah Al Isra ayat 78 berikut ini.

- Advertisement -

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْ فَجْرِۗ اِنَّ قُرْاٰنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا

Artinya: Dirikanlah shalat sejak matahari menyelinap sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula shalat) Subuh. Sesungguhnya shalat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat)” (QS. Al Isra’: 78)

- Advertisement -

Oleh karenanya, subuh adalah salah satu waktu yang berat untuk dilaksanakan. Seperti yang tercantum dalam hadits di bawah ini. “Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan sholat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari).

Sementara hari jumat adalah adalah hari yang istimewa. Maka jumat subuh adalah saat dimana semua menjadi istimewa sekali. Karena istimewa, pada jumat subuh, ada amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan. Amalan apa sajakah yang dianjurkan dilakukan pada jumat subuh?

- Advertisement -

Sedekah
Amalan di jumat subuh yang dianjurkan adalah sedekah. Syekh Ali Jaber dalam ceramahnya pernah menjelaskan bahwa sedekah subuh adalah amalan yang istimewa jika dilakukan di hari jumat. “Adalah bersedekah di subuh hari,” ujar Syekh Ali Jaber.

“Saya mengambil pelajaran, salah satu cara Allah memurahkan rezeki seseorang, mendatangkan rezeki dengan cara yang istimewa, menjaga sedekah setiap shalat, apalagi jika di subuh hari,” sambung Syekh Ali Jaber. Menurut Syekh Ali Jaber, hal ini karena di waktu subuh ini ada 2 malaikat yang mendoakan.

“Karena memang selepas subuh ada dua malaikat yang berdoa, yang satu mendoakan baik bagi orang yang berinfaq di subuh hari, yang kedua malaikat mendoakan orang-orang yang kikir di subuh hari dia berdoa jangan berkahi hartanya,” ungkap Syekh Ali Jaber.

Membaca Surah As-Sajdah dan Al Insan.

Berikut hadits yang menjelaskan tentang membaca Surah As Sajdah dan Al Insan saat jumat subuh.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ فِي الصُّبْحِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِـ”ألم تَنْزِيلُ” فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى وَفِي الثَّانِيَةِ “هَلْ أَتَى عَلَى الْإِنْسَانِ حِينٌ مِنْ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْئًا مَذْكُورًا”

Dari Abu Hurairah radhiyallohu anhu bahwa Nabi Muhammad shallallohu alaihi wasallam membaca pada shalat shubuh di hari Jumat Alif Laam Miim Tanzil (surah As Sajdah) di rakaat pertama dan Hal Ataa ‘alal Insan Hiinun Min Ad Dahr Lam Yakun Syaian Madzkuura (surah Al Insan) (HR. Bukhari dan Muslim) Dikutip dari penjelasan Ustaz Abdul Somad (UAS), sunnah membaca Surah As Sajdah dan Al Insan adalah bagi yang mampu.

“Bagi yang mampu, bagi yang belum mampu tak apa,” ujar Ustaz Abdul Somad. Surah As-Sajdah terdiri dari 30 ayat dan tergolong surah Makkiyah. Surah ini diturunkan setelah surah Al-Mukminun.

Keistimewaan Hari Jumat
Hari jumat menjadi istimewa karena ada beberapa peristiwa penting dalam Islam yang terjadi. Berikut peristiwa yang terjadi dalam Islam yang terjadi dan akan terjadi di hari jumat. Diciptakannya Nabi Adam  Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh HR. Muslim.

Rasulullah pernah bersabda: 

“Hari terbaik dimana matahari terbit di dalamnya ialah hari jumat. Pada hari itu Adam AS diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari jumat”. Nabi Adam adalah manusia pertama yang menghuni bumi.

Diturunkannya Nabi Adam ke Bumi Peristiwa lainnya yang terjadi pada hari jumat adalah turunnya Nabi Adam dan Siti Hawa ke bumi. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an bahwa Nabi Adam dan Siti Hawa diturunkan ke bumi oleh Allah SWT dari surga karena melanggar larangan Allah yakni memakan buah khuldi.

Dalam Al-Qur’an peristiwa tersebut juga dijelaskan pada surah Al Baqarah ayat 36: 

“Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan kami berfirman: “Turunlah kamu! Sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan”.

Hari Kiamat Hari kiamat pasti akan terjadi, namun kapan waktunya hanya Allah SWT lah yang mengetahuinya.  Namun dalam riwayat Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda bahwa kiamat akan terjadi di hari jumat.

Rasulullah SAW bersabda: 

“Pada hari itu (Jumat) kiamat akan terjadi dan tidak ada binatang melata satupun kecuali mereka menunggu pada hari Jumat sejak subuh sampai terbit matahari karena takut akan datangnya hari kiamat kecuali jin dan manusia” (HR. Abu Daud). Itulah keistimewaan hari jumat dan amalan yang dianjurkan dilakukan saat jumat subuh. Disarankan bertanya langsung kepada ulama, pendakwah atau ahli agama Islam agar mendapatkan pemahaman yang lebih dalam.  (Zs/Tv.1)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini