spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Alasan BI Hilangkan Tiga Angka Nol di Uang Baru, Bukan Redenominasi

KNews.id-Bank Indonesia (BI) merilis uang baru atau rupiah kertas tahun emisi 2022 untuk pecahan Rp1.000 hingga Rp100 ribu.

Jika diterawang, BI tak memasukkan tiga angka nol paling belakang di uang baru tersebut. Dalam pecahan Rp100 ribu misalnya, cuma terlihat tokoh Soekarno, Mohammad Hatta, dan angka Rp100.

- Advertisement -

Begitu juga dengan pecahan lainnya, seperti Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10 ribu, Rp20 ribu, dan Rp50 ribu.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan hal itu sengaja dilakukan karena bank sentral mengubah sistem pengamanan uang rupiah kertas tahun emisi 2022.

- Advertisement -

Menurut Marlison, salah satu unsur pengaman dalam uang rupiah kertas tahun emisi 2022 adalah electrotype dengan varian dari tanda air (watermark). Sementara, electrotype pada uang rupiah kertas tahun emisi sebelumnya berbentuk ornamen khas Indonesia.

“Di (uang rupiah kertas tahun emisi) 2022 electrotype berbentuk angka yang melambangkan nilai nominal. Tiga angka nol tidak dicantumkan dengan pertimbangan teknis dan untuk kemudahan identifikasi,” ungkap Marlison kepada CNNIndonesia.com, Rabu (24/8).

- Advertisement -

Selain itu, ukuran uang rupiah kertas tahun emisi 2022 juga lebih kecil dibandingkan sebelumnya.

Jika angka nol lebih lengkap, sambung Marlison, maka ukuran angka yang ditulis di uang rupiah kertas tahun emisi 2022 otomatis lebih kecil. Hal itu akan membuat masyarakat kesulitan mengidentifikasi pecahan uang tersebut.

“Secara teknis karena masalah ruang yang terbatas dan untuk kemudahan identifikasi oleh masyarakat,” jelas Marlison.

Ia pun membantah bahwa penghapusan tiga angka nol paling belakang sebagai sinyal bahwa BI akan melakukan redenominasi.

“Tidak ada kaitan dengan redenominasi,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan masyarakat yang ingin mendapatkan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 bisa datang langsung ke kantor pusat.

Menurut Perry, masyarakat juga bisa menukarkan uang rupiah lama dengan desain baru di 46 kantor perwakilan BI. Dengan kata lain, masyarakat di daerah tak perlu jauh-jauh datang ke kantor pusat.

“Silakan datang ke kantor BI pusat maupun 46 kantor BI di seluruh Indonesia kalau ingin menukarkan dan dapat tujuh uang rupiah kertas emisi 2022 ini,” ujar Perry.

Ia mengatakan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 dibuat dengan teknologi terbaru. Dengan demikian, uang itu lebih aman dan sulit untuk dipalsukan.

Selain itu, Perry mengklaim uang rupiah kertas tahun emisi 2022 akan lebih mudah dideteksi oleh penyandang tunanetra.

“Ini memang lebih mudah untuk rekan-rekan yang memang perlu khusus tunanetra, ini juga kami permudah,” tutup Perry. (Ach/CNNInd)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini