spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Akui Menyusup ke Taliban, Muslim Arbi: BIN Terlihat Bodoh dan Norak!

KNews.id- Badan Intelijen Negara (BIN) terlihat bodoh dan norak mengakui menyusup ke Taliban untuk mencegah perang sampai ke Indonesia.

“BIN itu kerjanya senyap dan tidak ada dipublikasikan. Dan saat ini BIN mengaku menyusup ke Taliban menandakan lembaga telik sandi negara itu terlihat bodoh dan norak,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada suaranasional.com, Kamis (2/9).

- Advertisement -

Menurut Muslim, BIN yang mengaku menyusup ke Taliban menunjukkan lembaga telik sandi negara mengalami penurunan dalam kinerjanya.

“Kasus penguntitan terhadap Habib Rizieq Shihab (HRS) oleh terduga anggota BIN bisa diketahui dan diamankan Laskar FPI,” ungkapnya.

- Advertisement -

Kata Muslim, BIN itu harusnya seorang yang memiliki kemampuan di atas rata-rata.

“Intelijen itu intelegensia yang lebih mengedepankan otak dalam mengumpulkan informasi. Terkait posisi Taliban saja, BIN tidak tahu dan harus menyusup,” jelas Muslim.

- Advertisement -

Muslim mengatakan, Taliban itu berbeda dengan ISIS baik dari segi ideologi dan perekrutan anggota.

“Taliban tidak menerima anggota dari negara lai termasuk Indonesia. Tidak ada internasionalisasi Taliban,” paparnya.

Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto mengklaim pihaknya selama ini menyusup ke sejumlah kelompok di berbagai negara. Salah satunya kelompok Taliban di Afghanistan. Misi BIN dalam menyusup Afghanistan yakni bertujuan agar perang atau kerusuhan tidak melebar hingga ke Indonesia.

“Maka sebelum perang terjadi maka kita perkuat ini diplomasi dari seluruh elemen. Kita menyusup ke seluruh kelompok-kelompok perlawanan, termasuk Taliban sendiri,” kata Wawan dalam sebuah diskusi (1/9). (AHM/SN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini