spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Aktivis HAM Fatia yang Terseret Kasus Pencemaran Nama LBP, ini Sosoknya

KNews – Aktivis HAM Fatia yang terseret kasus pencemaran nama LBP, ini sosoknya. Bersama Haris Azhar, Fatia Maulidiyanti baru saja ditetapkan sebagai tersangka.

Penetapan tersebut akibat tuduhan ‘permainan’ Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam bisnis tambang di Blok Wabu, Intan Jaya, Papua.

- Advertisement -

Siapa Fatia Maulidiyanti sesungguhnya? Berikut profil singkat tentangnya, yang dirangkum dari berbagai sumber.

Fatia Maulidiyanti merupakan wanita yang aktif di bidang Hak Asasi Manusia (HAM). Lulusan Universitas Parahyangan jurusan Ilmu Hubungan Internasional itu sempat menjadi alumni Sekolah Hak Asasi Manusia.

- Advertisement -

Setelah menyelesaikan pendidikan, ia langsung memulai karier di Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS). Sejak 2020, ia sudah menjabat sebagai Koordinator KontraS.

Dilansir Hops.ID dari laman resmi Kontras, Fatia dikukuhkan sebagai Koordinator KontraS untuk periode 2020-2023 pada Rapat Umum Anggota 29 Juni 2020 menggantikan Yati Andriyani Koordinator KontraS periode 2017-2020.

- Advertisement -

Dalam LinkedInnya, ia pun tercatat sebagai founder (pendiri) Books for Tomorrow dan juga merupakan Campaign Officer dari Walk Free Organization sejak Juli 2013 hingga sekarang.

Books For Tomorrow merupakan komunitas yang mengumpulkan donasi buku dari publik kepada mereka yang dijatuhkan hukuman mati di Indonesia.

Organisasi ini mendistribusikan bukunya ke perpustakaan di penjara, menargetkan terpidana mati dengan semangat memberikan hak kepada siapa pun, termasuk terpidana mati untuk membaca.

Keterlibatan Fatia dalam konten YouTube Haris Azhar dinilai telah menebar fitnah kepada Luhut Pandjaitan terkait bisnis tambang di Papua. Demikian profil singkat Fatia Maulidiyanti. (RKZ/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini