spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Aktivis 77/78: Mentalitas Orde Baru belum Sirna di Era Jokowi

KNews.id- Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) masih ada mentalitas Orde Baru (Orba) di mana lebih mengutamakan dukungan politik daripada kualitas kinerja para menterinya.

“Mentalitas Orde Baru belum sirna di era Presiden Jokowi,” kata aktivis 77/78 Indro Tjahyono dalam artikel berjudul “Tujuh Tahun Pemerintahan Jokowi: Aktivis 98 Menuntut Tuntaskan Agenda Reformasi”

- Advertisement -

Menurut Indro, presiden Jokowi lebih mengutamakan dukungan politik daripada kinerja atau kualitas SDM para menterinya.

“Presiden Jokowi harus mengakhiri politik dagang sapi dalam memformulasikan Kabinet Indonesia Maju pada masa-masa akhir jabatannya,” paparnya.

- Advertisement -

Indro melihat ada kesengajaan dari Presiden untuk memilih orang-orang yang kurang pengalaman untuk menjadi pembantunya, sehingga tidak mendikte presiden.

Peran pembisik yang sangat kuat saat presiden menunjuk pembantu sangat terasa, sehingga tanpa disadari terbentuk kroni atau koncoisme di sekitar istana.

- Advertisement -

“Akibatnya keputusan presiden tidak lagi rasional, misalnya dalam pembangunan infrastruktur perhubungan dan kebijakan ketahanan pangan,” ungkapnya.

Di tengah-tengah banyaknya proyek yang pernah dicanangkan presiden, kata Indro, jika tidak ada pembantu yang tangguh, dipastikan semua akan menghadapi banyak proyek mangkrak seperti jaman pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

“Sebaiknya Presiden tidak gamang dalam menentukan para pembantunya, karena pemerintah ini terlalu kuat akibat dukungan politik serta dukungan dari aparat penegak hukum dan aparat pertahanan,” pungkasnya. (Ade/SN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini