spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Akibat Proyek IKN, Pajak Naik Sebesar 11%

KNews – Akibat proyek IKN, pajak naik sebesar 11%. Rencana pemerintah menaikan pajak pertambahan nilai atau PPN dari 10 persen menjadi 11 persen dinilai akibat dua faktor. Salah satunya karena membengkaknya anggaran proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kenaikan pajak tersebut rencananya akan mulai berlaku pada 1 April 2022 mendatang.

- Advertisement -

Terkait hal itu, pengamat ekonomi dari Institute For Development of Economics and Finance (Indef), Dzulfian Syafrian mengatakan, kenaikan pajak itu diduga disebabkan karena cekaknya anggaran Pemerintah yang dipicu oleh dua faktor.

Pertama, membengkaknya pengeluaran pemerintah akibat dari pemulihan ekonomi nasional. Kemudian faktor kedua, yakni imbas dari proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

- Advertisement -

“Di sisi lain, penerimaan negara anjlok lantaran pelemahan ekonomi dan juga pemotongan PPh Badan,” kata Dzulfian dilansir dari PikiranRakyat.com pada Rabu 23 Maret 2022.

Menurut Dzulfian, pemerintah perlu mencari sumber pemasukan lain, nah salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menaikkan PPN sebesar 1 persen.

- Advertisement -

Menanggapi kebijakan tersebut, Dzulfian lantas menyarankan baiknya pemerintah menunda kenaikan PPN 1 persen tersebut. Mengingat, Indonesia masih dalam tahap pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19.

“Karena kita masih dalam fase pemulihan, semestinya kebijakan ini ditunda dulu karena akan memperlambat proses pemulihan ekonomi,” ujar Dzulfian.

Hal senda juga disampaikan oleh Rocky Gerung, ia menilai nagara tidak mampu mebiayai ambisinya.

“Dan itu mungkin juga yang menyebabkan tarif pajaknya akan dinaikan 11 persen, PPn atau apa,” ujar Rocky Gerung, dilansir dari YouTube Rocky Gerung Official Rabu, 23 Maret 2022.

Dia mengatakan sejumlah harga kebutuhan pokok akan naik karena hal tersebut.

“Pasti akan terjadi banyak kenaikan mulai dari kebutuhan pokok sampai hal-hal yang akan dinaikan pajaknya,” kata Rocky.

Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa Pemerintah kesulitan untuk membiayai ambisinya.

“Jadi kelihatan bahwa Pemerintah memang kesulitan, tidak punya kapasitas untuk membiayai ambisinya,” tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan kebijakan kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) naik 1 persen dari 10 persen menjadi 11 persen yang akan mulai diberlakukan pada 1 April 2022. (RKZ/hops)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini