spot_img
Sabtu, Juni 15, 2024
spot_img

Akan ada Perubahan Pada Tubuh Jika Berhenti Konsumsi Gula Selama 30 Hari

KNews.id – Jakarta, Meski rasanya yang manis dan disukai banyak orang, gula tetap menjadi musuh kesehatan. Bahkan mengkonsumsi gula yang berlebih dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, terlalu banyak mengkonsumsi gula seringkali dikaitkan dengan penyakit diabetes, penyakit kardiovaskular, bahkan gangguan metabolisme.

- Advertisement -

Karenanya, penting untuk membatasi atau mengurangi konsumsi gula yang berlebih. Lantas, apa yang akan terjadi jika mencoba untuk membatasi makanan yang mengandung gula seperti es krim, kue, dan brownies selama 30 hari?

Dikutip dari Health Shots, Eka Singhwal sekaligus Ahli Gizi di Ujala Cygnus Group of Hospital, Moradabad, Uttar Pradesh menjelaskan tentang apa yang terjadi pada tubuh jika berhenti mengkonsumsi gula selama 30 hari.

- Advertisement -

1. Berat Badan Turun
Berhenti mengkonsumsi gula selama sebulan dapat menghilangkan kalori dan mengurangi kemungkinan untuk makan berlebihan sehingga menyebabkan turunnya berat badan.

2. Gula Darah Stabil
Mengurangi konsumsi makanan manis selama 30 hari tentu dapat membantu menstabilkan gula darah sehingga mengurangi risiko terjadinya diabetes tipe 2 dan resistensi insulin.

- Advertisement -

3. Menghindari Kerusakan Gigi
Berhenti mengkonsumsi gula selama sebulan dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut serta mengurangi resiko gigi berlubang maupun penyakit gusi.

4. Menghindari Penyakit Kronis
Ahli menyebutkan dengan menurunkan asupan gula dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

5. Kulit Menjadi Lebih Sehat dan Bersih
Asupan gula yang tinggi seringkali dikaitkan dengan jerawat dan masalah kulit lainnya, maka banyak orang yang merasakan kulitnya menjadi lebih sehat dan bersih saat mengurangi konsumsi gula.

6. Suasana Hati yang Lebih Baik
Secara tidak langsung, kadar gula darah yang stabil dapat mempengaruhi suasana hati menjadi lebih positif.

7. Meningkatkan Kesehatan Usus
Terlalu banyak makan makanan manis dapat mengganggu keseimbangan bakteri usus, mengurangi konsumsi gula dapat membantu meningkatkan kondisi usus yang lebih sehat.

(Zs/dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini