spot_img
Rabu, April 17, 2024
spot_img

AHY Terpukau dengan IKN dan Mimpi Besar Jokowi: Mahakarya

 

KNews.id – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY mengaku terpukau dengan megaproyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan mimpi besar Presiden Joko Widodo (Jokowi).

- Advertisement -

“Ini tidak mudah, project yang besar, mahakarya yang saya katakan. Bahwa kita ingin fokus dulu di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), jadi core government-nya ada di sini,” ucap AHY di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

“Kalau tadi bisa dilihat pandangan kita 360 derajat, saya bisa melihat secara jelas di mana lokasi gedung atau pusat pemerintahan, khususnya untuk kantor presiden, istana presiden, lalu ada 4 blok untuk kemenko (kementerian koordinator), juga ada lokasi perumahan bagi para menteri yang juga nanti akan bekerja full di sini,” imbuhnya.

- Advertisement -

Agus mengapresiasi Otorita IKN, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan stakeholder terkait yang membangun IKN Nusantara. Ia menegaskan Kementerian ATR/BPN juga akan terus bekerja sesuai tugas dan fungsinya demi menyukseskan proyek ibu kota baru itu.

Ketua Umum Partai Demokrat itu menegaskan kerja keras membangun ibu kota anyar ini perlu terus dibarengi dengan koordinasi antar-pihak terkait. Ia menekankan Indonesia merupakan bangsa yang besar sehingga harus optimistis dengan pembangunan IKN tersebut.

- Advertisement -

“Kalau prajurit itu harus siap untuk tinggal dan bertugas di manapun. Saya prinsipnya saat ini sebagai pembantu presiden, saya ingin bersama-sama yang lainnya, tentunya Kabinet Indonesia Maju. Kita ingin mengawal agar semua target pencapaian itu bisa kita wujudkan,” ungkapnya soal kesiapan pindah ke IKN.

“Cuacanya juga menyenangkan, penuh dengan tantangan, tetapi pagi-pagi sejuk ya? Besok berarti bisa saya coba olahraga. Jadi, nanti harapannya tentu di sini semakin hijau kalau sudah selesai pembangunan, konstruksi, pasti akan lebih hijau lagi, lebih sejuk lagi. Pohonnya makin besar rasanya makin nyaman,” sambung AHY.

Putra Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu memahami bahwa pembangunan IKN tidak bisa langsung selesai seluruhnya di bawah rezim Jokowi. Ia menyebut itu adalah sesuatu yang sangat wajar.

Agus menyebut tidak mungkin semua pembangunan tuntas hanya dalam satu atau dua periode kepemimpinan Kepala Negara.

“Itulah yang kita harapkan ada sebuah keberlanjutan kepemimpinan nasional dan seterusnya di tingkat daerah. Artinya, kalau kemudian beliau (Presiden Jokowi) di sini, kita semua harus siap di sini. Dan dengan senang hati karena kita harus sukseskan,” tandas AHY.

Ini merupakan kali pertama AHY mengunjungi IKN Nusantara. Tepatnya, selepas Demokrat resmi bergabung ke koalisi Presiden Joko Widodo di Kabinet Indonesia Maju.
(Zs/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini