spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Afsel Mendesak PBB untuk Menyatakan Israel sebagai Negara Apartheid!

KNews.id- Penindasan Israel terhadap warga Palestina membangkitkan pengalaman sejarah penindasan rasial Afrika Selatan, kata Naledi Pandor, menteri hubungan internasional dan kerja sama Afrika Selatan, pada pertemuan Kepala Misi Palestina di Afrika, yang diadakan di ibu kota Pretoria.

“Sebagai orang Afrika Selatan yang pernah tertindas, kami mengalami secara langsung efek dari ketidaksetaraan rasial, diskriminasi, dan kami tidak dapat berdiam diri,” katanya.

- Advertisement -

Pandor mengatakan Israel harus diklasifikasikan sebagai negara apartheid dan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa harus membentuk komite untuk memverifikasi.

Menteri luar negeri Palestina Riad Malki, yang menghadiri forum tersebut, berbicara kepada Perusahaan Penyiaran Afrika Selatan (SABC) yang dikelola negara setelah sesi tersebut.

- Advertisement -

“Jika ada negara atau negara yang dapat memahami penderitaan dan perjuangan kemerdekaan kemerdekaan Palestina, itu adalah benua Afrika dan rakyat Afrika,” kata Malki.

Kedutaan Palestina pertama di Afrika Selatan diakreditasi pada tahun 1995, menandai dimulainya hubungan diplomatik antara kedua negara. Selama bertahun-tahun, pemerintah Afrika Selatan tetap menjadi sekutu kuat Palestina, memberikan dukungan material dan publik untuk tujuan kemerdekaannya.

- Advertisement -

“Posisi kami di Palestina selalu jelas, konsisten, dan konvergen dengan komunitas internasional,” kata Pandor.

Menurut laporan baru-baru ini oleh Pusat Hak Asasi Manusia Al-Mezan, sebuah organisasi sipil dengan kantor pusat di Jalur Gaza, sekitar 5.418 warga Palestina telah terbunuh oleh operasi militer Israel di Jalur Gaza yang diperangi selama 15 tahun terakhir, termasuk 1.246 anak-anak dan 488 wanita.

Sebuah komisi penyelidikan PBB baru-baru ini untuk menyelidiki pelanggaran di wilayah Palestina yang diduduki, termasuk Yerusalem Timur, ditentukan dalam laporannya bahwa Israel bertanggung jawab atas pelanggaran hak asasi manusia yang parah terhadap warga Palestina. (AHM/zmne)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini