spot_img
Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

Adu Kuat Lima Nama Bacawapres Versi TPN untuk Ganjar di Pilpres 2024

KNews.id – Tim pemenangan nasional (TPN) Ganjar Pranowo disebut tengah menggodok sejumlah nama yang menguat akan menjadi bakal cawapres eks Gubernur Jawa Tengah itu di Pilpres 2024.

Mereka yakni Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno, Menko Polhukam Mahfud MD, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, bekas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) hingga Ketua Harian Perindo TGB Muhammad Zainul Majdi.

- Advertisement -

Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono menjelaskan pembahasan soal 5 nama bakal cawapres Ganjar di internal TPN itu masih hangat. Ia mengklaim parpol koalisi Ganjar tak mengutamakan sosok orang atau kelompok tertentu, melainkan kapasitas dari sosok cawapres tersebut.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di sisi lain juga menegaskan nama bakal pendamping Ganjar masih sangat dinamis. Ia juga menargetkan Ganjar dan bakal cawapresnya nanti bisa menang satu putaran. Namun belakangan Hasto kerap melontarkan pantun ‘kode’ cawapres ke Mahfud Md, Sandi dan RK.

- Advertisement -

Lantas, dari kelima nama tersebut siapakah sosok yang dinilai mampu membawa kemenangan untuk Ganjar di Pilpres 2024?

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul menilai kelima nama itu memiliki kompetensinya masing-masing. Namun Adib menilai yang paling berpeluang untuk membawa Ganjar meraup suara pada Pilpres 2024 adalah Mahfud MD.

- Advertisement -

Sebab sejumlah politikus juga sepakat bahwa mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mampu diterima banyak pihak.

“Menurut saya memang prioritasnya ada di Pak Mahfud, kalau Ganjar mau survive,” kata Adib saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (15/9).

Adib mengatakan Mahfud dapat diterima oleh pendukung NU segala kalangan. Mahfud pun memiliki pengalaman pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Tanfidz DPP PKB.

Selain itu, Mahfud memiliki sejarah kedekatan dengan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, serta Mahfud memiliki kedekatan dengan sejumlah kyai NU. Mahfud, lanjut Adib, juga memiliki potensi suara di Jawa Timur lantaran ia berasal dari Madura.

“Setidaknya bahwa friksi ketika Mahfud dimunculkan ini kecil di NU. Jadi Mahfud mudah diterima oleh NU dan suara Jawa Timur,” kata dia.

Di samping itu, Mahfud memiliki sejumlah pengalaman baik di tingkat legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Nama Mahfud belakangan juga dikenal lebih banyak golongan usia usai dirinya dinilai yang getol mengusut kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Rp349 triliun di Kemenkeu.

“Dia terkenal punya integritas selama ini, tegas, Jadi menurut saya suara non Jawa juga bisa masuk,” lanjut Adib.

Sementara kekurangan Mahfud MD menurutnya hanya terletak pada restu partai di koalisi pendukung capres. Namun menurutnya dengan dominasi suara PDIP di koalisi dan hanya PPP yang merupakan partai parlemen, maka kemungkinan Mahfud diterima masih besar.

Selain Mahfud, Adib menilai RK merupakan sosok yang diyakini akan memperkuat suara PDIP di Jawa Barat yang selama ini lemah. RK yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat dan sebelumnya juga Wali Kota Bandung memiliki kantong suara besar di Jawa Barat.

Selain itu, RK selama ini menampilkan dirinya sebagai sosok yang cukup humoris dan sering berinteraksi dengan warganet di sosial media.

“Kalau RK saya kira memang kuat di Jawa Barat, dia juga kuat di segmentasi suara milenial dan Gen Z. RK ini kan gaya framing, citranya, itu kan kadang-kadang mewakili Gen Z, agak-agak lebay. Itu bisa terlihat saat dia mengkomunikasikan sebuah kebijakan,” kata Adib.

Namun RK menurut Adib belum cukup kuat untuk membawa suara NU khususnya di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sementara PDIP sebagai partai nasionalis selama ini nampaknya selalu membutuhkan partai yang bernafaskan islam atau NU untuk mendapatkan tambahan dukungan suara. (Hfz/CNN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini