spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Ade Irma Suryani Selamatkan Ayahnya dari Tragedi G30S PKI

KNews.id – Malam pergantian 30 September ke 1 Oktober 1965, kediaman Jenderal AH Nasution dikepung oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Saat itulah, Ade Irma Suryani menyelamatkan ayahnya dari tragedi G30S PKI
Ade Irma Suryani adalah anak Jenderal A.H. Nasution, salah satu dari tujuh target incaran Pasukan Cakrabirawa PKI. Saat PKI mengepung rumahnya di Menteng, Jakarta Pusat, Ade Irma Suryani baru berusia 5 tahun.

Kronologi Tewasnya Ade Irma Suryani oleh G30S PKI

- Advertisement -

Berdasarkan arsip detikcom, Ade Irma Suryani sedang digendong oleh Ibunda Johanna Nasution ketika tentara pasukan Cakrabirawa menyerbu rumahnya. Pasukan Cakrabirawa pun menembakan rentetan tembakan.

Mulanya Ade dipegang oleh ibunya dan masih tertidur tenang, lalu dipindahkan ke tangan adik iparnya karena berusaha melindungi A.H. Nasution. Namun sayang, saat adik A.H. Nasution membuka pintu kamar, rentetan tembakan yang dilepaskan pasukan Cakrabirawa justru mengenai Ade Irma Suryani dan adik Nasution.

- Advertisement -

Seketika Johanna langsung mengambil alih dan menggendong tubuh Ade Irma yang bersimbah darah sambil mengantar A.H. Nasution untuk menyelamatkan diri melalui pintu belakang.
Setelah Cakrabirawa meninggalkan rumah jenderal, Ade Irma segera dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto untuk diberikan pertolongan. Setibanya di rumah sakit, Ade Irma masih dalam keadaan sadar namun kondisi sudah sangat lemah.

Dokter langsung menyarankan untuk melakukan operasi kepadanya. Setelah 5 hari dirawat di Di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Ade Irma Suryani meninggal dunia pada 6 Oktober 1965.
Ade Irma dimakamkan di Jakarta pada 7 Oktober 1965. Ade Irma merupakan korban termuda dalam peristiwa G30S PKI.

- Advertisement -

Diabadikan Jadi Nama Jalan dan TK
Untuk mengenang anak Jenderal AH Nasution yang menjadi korban termuda G30S PKI, terdapat sebuah Tugu Monumen Ade Irma Suryani Nasution yang terletak di depan Kantor Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Selain itu, nama Ade Irma Suryani juga diabadikan menjadi sebuah nama Jalan Ade Irma Suryani, salah satunya yakni di Pekanbaru, Riau.
Terdapat pula Taman Kanak-kanak (TK) hingga panti asuhan yang mengabadikan nama Ade Irma Suryani. Hal ini bermaksud agar generasi penerus bangsa tetap terus mengingat kejamnya tragedi G30S PKI di masa lampau dan sosok Ade Irma suryani, anak Jenderal yang tertembak G30S PKI.

Beberapa TK yang memakai nama Ade Irma Suryani yakni:

– TK Ade Irma Suryani di Temanggung Jawa Tengah

– TK Ade Irma Suryani di Kota Bandung Jawa Barat

– TK Ade Irma Suryani di Kuningan Jawa Barat

– TK Ade Irma Suryani di Majalengka Jawa Barat

– TKAde IrmaSuryani di Jombang, Jawa Timur

– TK Ade Irma Suryani di Sambas, Kalimantan Barat

– TK Ade Irma Suryani di Kab Batubara, Sumatera Utara

– TK Ade Irma Suryani di Kab Labuhan Batu Selatan, Sumatera Utara

– TK Ade Irma Suryani di Kota Bengkulu
(Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini