spot_img
Jumat, Mei 3, 2024
spot_img

Ada yang Tiba-tiba ‘Hilang’ dari Pidato Kenegaraan Jokowi

KNews.id– Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyelesaikan pidato kenegaraannya dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI dalam Sidang Bersama DPR RI-DPD RI di gedung DPR, kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Ini adalah kali ketujuh Jokowi menyampaikan pidato kenegaraannya. Pidato kenegaraannya yang pertama terjadi pada 14 Agustus 2015, dan sisanya setelah satu hari sebelum hari kemerdekaan.

- Advertisement -

Dalam pidato tersebut, Jokowi mulanya berbicara mengenai tantangan global yang kian tak pasti. Pandemi Covid-19 yang belum usai, ditambah dengan perang Rusia-Ukraina kini justru menyebabkan ketidakpastian semakin berlanjut.

Selain itu, ada berbagai macam hal yang diutarakan dalam pidato kenegaraan. Ada hal tertentu yang dibahas hampir setiap tahun, namun tidak langsung kembali dibicarakan pada tahun berikutnya. Terkadang, Jokowi membahas isu spesifik yang tengah terjadi.

- Advertisement -

Pada tahun ini, ada beberapa hal yang luput dari perhatian Jokowi. Berdasarkan catatan tim CNBC Indonesia, Jokowi dalam pidato kenegaraan kali ini sama sekali tidak menyebut soal infrastruktur dan ini menjadi yang kedua kalinya sejak ia memimpin.

Terakhir kali Jokowi tidak menyebutkan kata infrastruktur terjadi pada pidato kenegaraan pada 2020. Pada saat itu, pemerintah tengah melakukan relokasi anggaran untuk bantuan penanganan pandemi Covid-19.

- Advertisement -

Terlepas dari periode 2020 dan 2022, kata infrastruktur kerap menghiasi pidato kenegaraan Jokowi setiap tahunnya. Pada 2015, kata infrastruktur yang keluar dari pidato Jokowi mencapai 6 kata.

Kemudian pada 2016, kata infrastruktur yang keluar sebanyak 15 kata, 2017 sebanyak 5 kata, 2018 sebanyak 8 kata, 2019 sebanyak 2 kata, dan terakhir pada 2021 lalu sebanyak 2 kata infrastruktur yang keluar di pidato kenegaraan Jokowi. (ACH/CNBC)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini