spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Ada “Utaqo” Pada setiap Malam di Bulan Ramadhan

Oleh: Ustad Ismail Ibrahim Nahdi, LC., MA, Kandidat Doktor dari Universitas Ummul Quro

KNews.id- Setiap muslim yang beriman kepada Allah Ta’ala sudah pasti bergembira dengan kedatangan bulan Suci Ramadhan.

- Advertisement -

Mereka mempersiapkan diri menyambut bulan penuh keberkahan tersebut dengan persiapan iman dan amal shaleh, dengan berdoa kepada Allah agar di sampaikan kedalam bulan suci Ramadhan, sebagaimana hal tersebut di lakukan oleh para salafussaleh 6 bulan sebelum kedatangan bulan suci.

Mereka juga memperbanyak istighfar dan bertaubat, sebab dosa dosa yang ada pada diri seseorang akan menjadikan nya berat untuk beramal shaleh.

- Advertisement -

Mereka yang beriman akan menyambut seruan Allah untuk beribadah puasa,  dengan penuh ke khusyukan  dan hati yang tunduk kepada Rabb nya,  mereka  menjalankan perintah perintah Allah dengan bersungguh-sungguh, serta menghargai setiap detik di Bulan Suci dan mengisi nya dengan ketaatan.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mustajab untuk berdoa, bahkan ada tiga waktu yang istimewa untuk berdoa pada bulan Ramadhan, yakni:

- Advertisement -

1. Ketika Waktu Sahur

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallah bersabda:

Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir.

Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758).

Imam Ibnu Hajar juga menjelaskan hadits di atas dengan berkata, “Do’a dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan.” (Fath Al-Bari, 3: 32).

2- Saat Berpuasa.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305.

Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya).

Imam Nawawi rahimahullah

berkata, “Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak do’a demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdo’a untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan do’a kebaikan untuk kaum muslimin secara umum.” (Al-Majmu’, 6: 273).

3- Ketika Berbuka Puasa.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : Pemimpin yang adil,  Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, Do’a orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi).

Dan Ketahuilah, bahwa pada setiap malam di bulan Ramadhan, Allah memiliki “Utaqo”.

Apakah yang di maksud dengan “Utaqo”? Yakni mereka yang Allah bebaskan dari siksa api neraka, mereka yang tidak akan pernah masuk kedalam neraka selama nya, mereka yang diharamkan tersentuh api neraka.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Dan Allah memiliki orang-orang yang dimerdekakan dari neraka dan itu pada setiap malam (dari Ramadhan).” HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi dan dihasankan oleh Al Albani di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 759.

Maka bersungguh sungguh lah dalam beramal di Bulan Ramadhan , serta berdoa lah dan mintalah kepada Allah dengan penuh keyakinan, penuh harapan agar kita di berikan Taufik serta kekuatan supaya dapat beramal shaleh, dan agar kita tercatat serta termasuk kedalam golongan Utaqo. (AHM)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini