spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

OJK: Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah Harus Ditingkatkan!

KNews.id- Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aman Santosa mengatakan, di tengah kondisi ketidakpastian perekonomian saat ini, sektor keuangan syariah terbukti mampu bertahan, bahkan menunjukkan performa positif.

Menurutnya, pada akhir November 2022, total asset keuangan syariah mencapai Rp2.312,72 triliun, tumbuh 15% dari tahun sebelumnya. Rinciannya, total aset pada sektor perbankan syariah mencapai Rp 756,3 triliun dan memiliki pangsa pasar sebesar 6,8%. Sementara, kata Aman, total aset pada pasar modal syariah termasuk saham syariah dan sukuk negara mencapai Rp5.924,08 triliun dan memiliki pangsa pasar sebesar 18,43%.

- Advertisement -

“Untuk total aset pada sektor industri keuangan non bank syariah mencapai Rp143,97 triliun dan memiliki pangsa pasar sebesar 4,69%,” ujar Aman dalam Webinar Gebyar Safari Ramadhan I: Investasi Hijau di Keuangan Syariah, Jumat, 24 Maret 2023.

Meskipun menunjukkan tren yang positif, lanjut Aman, sektor keuangan syariah perlu memerhatikan tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah. Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022, indeks literasi dan inklusi keuangan syariah sebesar 9,1% dan 12,12%.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini