spot_img
Rabu, Mei 1, 2024
spot_img

Tiga Daerah Pemilik Kilang Minyak Terbesar di Indonesia

KNews.id– Inilah 3 daerah pemilik kilang minyak terbesar di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri jika Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah termasuk minyak bumi.

Minyak bumi memiliki pengaruh besar pada perekonomian suatu negara maupun dunia. Semakin tinggi harga minyak bumi, maka akan berpengaruh pula pada resiko terjadinya inflasi yang tinggi.

- Advertisement -

Melansir dari website resmi Kementerian ESDM, Indonesia saat ini memiliki total sepuluh kilang minyak yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Jumlah ini mencakup kilang minyak yang dimiliki oleh PT Pertamina (Persero) maupun dari badan usaha swasta lainnya.

Dari total 10 kilang minyak itu, Indonesia kini dapat menghasilkan hingga 1,156 juta barel per hari. Namun manakah kilang minyak terbesar di Indonesia? berikut okezone rangkum 3 daerah pemilik kilang minyak terbesar di Indonesia.

- Advertisement -

1. Musi, Sumatera Selatan

Kilang minyak Musi merupakan salah satu kilang minyak tertua di Indonesia. Selain menjadi tertua, kilang minyak yang terletak di tepi sungai Musi, Sumatera Selatan ini juga menempati posisi ketiga sebagai kilang minyak terbesar di Indonesia.

- Advertisement -

Produk jadi yang dihasilkan oleh kilang minyak ini terdiri dari premium karosene, solar, fuel oil, LPG, Avtur, pertalite, pertamax, dan juga pertamax racing. Total, kilang minyak ini memiliki kapasitas produksi hingga 127.300 barel per hari.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini