spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Triwulan II-2022 PDB Kembali Minus, AS Resmi Resesi!

KNews – Triwulan II-2022 PDB kembali minus, AS resmi resesi! Amerika Serikat (AS) melaporkan pertumbuhan produk domestik bruto(PDB)nya pada Triwulan II-2022 yang minus 0,9 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Sebagaimana dilansir Biro Statistik dan Tenaga Kerja AS pada Kamis (28/7/2022), kontraksi tersebut terjadi di bawah konsensus, di mana AS diperkirakan masih mampu tumbuh positif sebesar 0,5 persen dalam tiga bulan kedua tahun ini.

- Advertisement -

Dengan hasil tersebut, maka secara teknis AS resmi masuk ke jurang resesi, mengingat pada triwulan sebelumnya Negeri Paman Sam bahkan telah mengalami minus hingga 1,6 persen.

Sebagaimana konsensus bersama di dunia ekonomi global, status resesi bakal disematkan pada sebuah negara yang PDBnya mengalami kontraksi dalam dua triwulan secara berturut-turut dalam satu tahun.

- Advertisement -

Status baru ini berkebalikan dengan klaim Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, yang sebelumnya masih kukuh menolak bahwa negaranya dalam kondisi resesi.

Menurut Janet, kondisi resesi yang sebenarnya terjadi pada perekonomian secara luas.

- Advertisement -

Salah satu alasan Janet menentang status resesi, diantaranya,a dalah data pasar tenaga kerja AS yang dalam beberapa waktu terakhir dinilai masih cukup kuat.

Dengan demikian, AS dinilai Janet memiliki kemampuan untuk dapat segera membalikkan keadaan PDBnya ke arah positif. (RKZ/idxc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini