spot_img
Senin, Mei 27, 2024
spot_img

Pasca-Merger, Tokopedia dan Gojek dapat Memonopoli Pasar?

KNews.id- Gojek dan Tokopedia telah resmi merger untuk membentuk Grup GoTo. Tak tanggung-tanggung, total Gross Transaction Value (GTV) secara Grup tercatat lebih dari US$ 22 miliar pada 2020 dan telah berkontribusi sebesar 2% kepada total PDB Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menilai tidak ada indikasi penguasaan pasar atau monopoli bisnis e-commerce atau marketplace usai merger antara Tokopedia dan Gojek. Ketua KPPU Kodrat Wibowo menilai, pelaku e-commerce di Indonesia masih cukup beragam mulai dari Bukalapak, Shopee hingga Lazada.

- Advertisement -

“Potensi penguasaan pasar relevan yang mana? Untuk sisi pasar marketplace sepertinya belum terindikasikan (monopoli) karena masih ada pesaing kuat Shopee Lazada, Bukalapak dan lainnya,” kata Kodrat melalui keterangannya di Jakarta, Selasa 18 Mei.

KPPU menilai, selama masih ada pesaing ketat upaya merger antar kedua perusahaan masih diizinkan. Sementara untuk penilaian, tetap dikembalikan pada masyarakat sebagai pemilik pasar.

- Advertisement -

“Penguasaan pasar jadi monopoli jelas KPPU akan berusaha itu tidak terjadi karena walaupun monopoli alami, monopoli tidak baik untuk kesejahateraan masyarakat khususnya konsumen yang tdk akan punya lagi pilihan,” pungkas Kodrat.

Sementara itu, dari bisnis sistem pembayaran sendiri menurutnya GoTo belum menyalahi aturan penguasaan pasar. Meski Tokopedia memiliki saham di bisnis pesaingnya OVO, namun Tokopedia tidak menutup kerjasama dengan berbagai pelaku sistem pembayaran lainnya.

- Advertisement -

Sebagai informasi saja, Grup GoTo memiliki daftar investor blue-chip termasuk (sesuai abjad) Alibaba Group, Astra International, BlackRock, Capital Group, DST, Facebook, Google, JD.com, KKR, Northstar, Pacific Century Group, PayPal, Provident, Sequoia Capital, SoftBank Vision Fund 1, Telkomsel, Temasek, Tencent, Visa dan Warburg Pincus. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini