spot_img
Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

9 Nama Pansel KPK yang Dibentuk Jokowi, Kepala BPKP Jadi Ketua

KNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Keputusan Presiden (Keppres) terkait panitia seleksi calon komisioner dan dewan pengawas KPK periode 2024-2029. Ada sembilan nama yang masuk dalam pansel tersebut.

Mensesneg Pratikno menyebut sembilan nama itu terdiri dari lima orang dari pemerintah pusat dan empat orang lainnya dari unsur masyarakat sipil.

- Advertisement -

“Memang benar bapak Presiden sudah menandatangani lengkapnya adalah Keppres tentang panitia seleksi Pimpinan dan Dewas KPK. Jadi ini satu panitia sekaligus untuk seleksi Pimpinan KPK dan anggota Dewas KPK,” kata Pratikno di Gedung Utama Kemensetneg, Jakarta.

Pratikno menyebut Jokowi telah menunjuk Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh sebagai Ketua Pansel, serta Rektor IPB sekaligus Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Arif Satria sebagai Wakil Ketua merangkap anggota.

- Advertisement -

“Ketuanya dari unsur pemerintah pusat sebagaimana diatur dalam PP Nomor 4 tahun 2020,” kata dia.

Kemudian untuk tujuh anggota lainnya yakni:

- Advertisement -

– Dr. Ivan Yustiavandana
– Nawal Nely
– Ahmad Erani Yustika
– Ambeg Paramarta
– Elwi Danil
– Rezki Sri Wibowo
– Taufik Rachman

Pratikno melanjutkan mereka akan bekerja secepatnya sebagai tindak lanjut Keppres dikeluarkan. Nantinya pansel akan bertugas melakukan seleksi terhadap para calon pimpinan KPK sebelum diproses DPR untuk tes uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test.

“Kita harapkan Pansel secara optimal bekerja sebaik-baiknya untuk menentukan nama-nama yang dibawa dan diusulkan ke DPR,” ujarnya.

(Zs/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini