spot_img
Minggu, Juni 16, 2024
spot_img

9 Makanan agar Anak Tumbuh Tinggi dan Cerdas, Ada yang Murah Meriah

KNews.id – Orang tua wajib memastikan nutrisi anak terpenuhi dengan baik. Karena itu penting untuk mengetahui makanan yang membuat anak menjadi tinggi dan cerdas.
Pertumbuhan otak yang pesat terjadi pada beberapa tahun pertama kehidupan anak di dunia.

Otak anak mencapai 80 persen berat orang dewasa pada usia dua tahun, dan terus berkembang hingga remaja, khususnya di korteks prefrontal, area yang berperan dalam perencanaan, memori, dan fungsi eksekutif lainnya.

- Advertisement -

Semua nutrisi yang terkandung dalam makanan memiliki fungsi yang sama untuk kebaikan anak. Namun ada 9 makanan yang ampuh untuk anak jadi tinggi dan cerdas dilansir dari berbagai sumber, diantaranya.

1. Telur
Telur merupakan sumber protein yang murah, sehat, dan mudah diolah.
Telur kaya akan nutrisi penting seperti kolin, vitamin B12, protein, dan selenium. Kolin khususnya sangat penting untuk perkembangan otak anak.

- Advertisement -

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan kolin selama seribu hari pertama kehidupan anak mendukung perkembangan otak dan meningkatkan fungsi kognitif.

2. Buah berry
Buah berry kaya akan antosianin yang bermanfaat bagi kesehatan otak, meningkatkan aliran darah ke otak, efek anti inflamasi, dan produksi sel saraf baru.

- Advertisement -

3. Makanan laut
Ilustrasi. Seafood termasuk makanan yang bisa diberikan agar anak tumbuh tinggi dan cerdas. (duybox/Pixabay)
Sumber lemak omega-3, yodium, dan seng, makanan laut seperti salmon dan udang mendukung fungsi otak yang baik.

4. Sayuran berdaun hijau
Seperti sayur bayam dan kangkung, sayuran tersebut mengandung folat, flavonoid, karotenoid, vitamin E, dan K1 yang penting untuk kesehatan otak.

5. Susu
Susu kaya akan kalsium dan vitamin D sehingga membantu membangun tulang yang kuat dan sehat. Orang tua bisa memberikan anak minum susu setidaknya satu gelas susu setiap hari.

6. Jeruk
Ilustrasi. Jeruk termasuk makanan yang bisa diberikan agar anak tumbuh tinggi dan cerdas. (Daria-Yakovleva/Pixabay)
Jeruk kaya akan flavonoid dan vitamin C, yang meningkatkan aliran darah ke otak dan mendukung perkembangan otak yang baik.

7. Yogurt
Yogurt merupakan sumber yodium yang baik dan mengandung protein, zinc, B12, dan selenium yang penting untuk perkembangan otak.

8. Makanan kaya zat besi
Daging merah, unggas, makanan laut, kacang-kacangan, dan bayam merupakan sumber zat besi yang penting untuk perkembangan kognitif anak.

9. Kacang-kacangan dan biji-bijian
Ilustrasi. Kacang-kacangan termasuk makanan yang bisa diberikan agar anak tumbuh tinggi dan cerdas. (iStockphoto/Mizina)
Kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin E, seng, folat, zat besi, dan protein yang mendukung fungsi kognitif anak.

Selain makanan di atas, orang tua wajib mengetahui bahwa tinggi badan anak juga dipengaruhi oleh genetik. Pemenuhan nutrisi dari makanan yang membuat anak tinggi dan cerdas seperti daftar di atas hanya sebagian untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan.

(Zs/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini