spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

9 Gurita Bisnis Gibran yang Sesaat Lagi Akan Dilantik Jadi Wapres

 

KNews.id – KPU menetapkan pasangan Prabowo-Gibran menjadi pemenang Pilpres 2024.
Prabowo-Gibran memperoleh 96.214.691 suara sah. Perolehan suara pasangan ini setara dengan 58,6 persen dari total suara nasional 164.227.475.

- Advertisement -

Jauh sebelum memenangkan PilpresĀ 2024, nama GibranĀ dikenal sebagai putra Presiden Jokowi yang memiliki segudang gurita bisnis.

Gibran tidak menjalankan bisnis sendirian. Ia berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk sang adik yang kini menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep.

- Advertisement -

Berikut daftar bisnis Gibran;

1. Chili Pari
Chili Pari merupakan bisnis katering yang didirikan Gibran pada 2010. Gibran mengusung konsep one stop wedding solution bagi kliennya.

- Advertisement -

Selain jasa katering, Chili Pari juga menyediakan gedung, souvenir, undangan, riasan pengantin, pembawa acara, hingga konsultasi rencana pernikahan. Melalui bisnis ini Gibran diangkat sebagai Ketua Asosiasi Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

2. Markobar
Lima tahun setelah Chili Pari berdiri, Gibran kembali masuk ke bisnis martabak manis lewat Markobar atau Martabak Kota Barat. Bisnis ini sebenarnya didirikan oleh Arif Setyo Budi sejak 1996.

Dalam perjalanannya, Gibran bergabung untuk mengembangkan bisnis tersebut. Saat ini, Markobar memiliki 33 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

3. Pasta Buntel
Gibran juga merambah bisnis kuliner berbahan dasar pasta. Bersama tiga orang rekannya, ia mendirikan Pasta Buntel pada Oktober 2015.

Berbeda dengan pasta pada umumnya, Gibran memadukan pasta dengan bumbu nusantara. Cara memasaknya juga dibungkus daun pisang layaknya pepes.

4. Mangkok Ku
Gibran juga tak ingin ketinggalan maraknya tren rice bowl. Pada pertengahan 2019, Mangkok Ku diluncurkan. Dalam bisnis ini, Gibran menggandeng Kaesang, Chef Arnold Purnomo, dan Randy Julius.

Beberapa menu yang ditawarkan antara lain brisket spicy sauce, ox-tounge dabu, dan egg sausage mayo.

5. Hompimpa Games
Gibran dan Kaesang juga merambah bisnis di industri board game dengan bergabung bersama Hompimpa Games. Perusahaan itu merupakan sebuah publisher asal Solo yang menerbitkan Math Cat, The Art of Batik dan board game asli Indonesia lainnya.

Bergerak sebagai publisher and store, Hompimpa Games mencoba merealisasikan ide-ide kreatif para game designer dan game developer agar dapat dinikmati oleh para seluruh lapisan masyarakat.

6. Tugas Negara Bos
Gibran dan Kaesang juga berkolaborasi dalam merintis usaha pembuatan jas hujan bernama Tugas Negara Bos pada 2017.

Sekilas jas hujan buatan Kaesang dan Gibran ini sama dengan jas hujan pada umumnya. Perbedaan dari jas hujan ini dengan jas hujan lainnya terletak pada tulisan Tugas Negara Bos! dan gambar garuda di bagian depannya.

Alih alih cuan, tak semua bisnis yang dirambah Gibran sukses. Beberapa diantaranya ada yang gulung tikar seperti berikut:

1. Goola
Pada Juli 2015, Gibran menjajal bisnis minuman khas Indonesia lewat Goola. Gerai minuman ini menawarkan minuman tradisional yang dikemas kekinian seperti es doger, es cincau, hingga ketan hitam.

Bisnis ini pun sudah gugur sejak 2020. Hal itu terlihat dari akun media sosial Instagramnya yang sudah tidak update.

2. Siapmas
Bersama Kaesang, Gibran meluncurkan merek Siapmas. Usaha ini memproduksi minuman tradisional siap seduh Ngedrink yang dipasarkan di minimarket.

Selain itu, Siapmas juga memproduksi camilan keripik yang terbuat dari tepung terigu, sagu, minyak sawit dan varian bumbu masakan tradisional seperti nasi goreng seafood dan seblak Bandung. Sama dengan Ngedrink, Kemripik dapat ditemukan di minimarket.

3. Ternakopi
Gibran dan Kaesang juga masuk ke bisnis kopi kekinian melalui Ternakopi pada April 2019. Ternakopi pun memiliki lebih dari 40 cabang di seluruh Indonesia.

Usaha ini gulung tikar saat pandemi covid-19 merebak. Kaesang mengatakan produk kopi itu tak laku. Alhasil, seluruh cabang pun lenyap.

(Zs/Cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini