spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

8 Tahun Rugi, Erick Thohir: Kini Krakatau Steel Untung Rp800 Miliar

KNews.id – PT Krakatau Steel (Persero) Tbk atau KRAS mencatatkan keuntungan sebesar Rp800 miliar pada kuartal II 2021. Sebelumnya, perseroan mengalami kerugian selama 8 tahun terakhir.

Kinerja Positif itu pun ditampilkan Menteri BUMN Erick Thohir kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju. Menurutnya, moncernya kinerja emiten merupakan buah dari restrukturisasi utang yang dilakukan pemegang saham.

- Advertisement -

Saat ini KRAS memasuki tahap ketiga restrukturisasi setelah melewati dua fase sebelumnya. Dimana, sejak awal 2020 lalu manajemen melakukan restrukturisasi utang senilai 2,2 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 31 triliun.

“Sesuai restrukturisasi, mereka harus melakukan tiga tahapan Bapak. Dan tentu, tahapan ini sudah berhasil satu dan dua. Dan kalau kita lihat sekarang performanc-nya yang selama ini Krakatau Steel itu rugi 8 tahun terakhir terakhir, ini sudah untung Rp 800 miliar,” ujar Erick.

- Advertisement -

Meski begitu, Erick tetap mengingatkan agar manajemen tidak berpuas diri. Saat ini emiten dituntut terus membenahi diri agar mampu memberikan kontribusi terhadap negara sesuai dengan arahan Jokowi.

“Tetapi saya bilang kepada manajemen, jangan berpuas diri, karena ini penting bagaimana kita terus tingkatkan performance daripada Krakatau Steel,” kata dia.

- Advertisement -

Pada 2020 lalu, KRAS mencatat laba sebesar bersih 23,67 juta dolar AS atau sekitar Rp339 miliar. Jumlah itu meningkat pada kuartal II tahun ini atau sekitar Rp 800 miliar.

Kinerja positif ini diraih untuk pertama kalinya setelah delapan tahun berturut-turut mencatat kerugian. Mislanya, pada 2019 lalu, Krakatau Steel mencatat kerugian 503,65 juta dolar AS atau setara Rp7,2 triliun.(Okezone/fey)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini