spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

8 Jenis Kartu ATM BNI yang Umum Digunakan

KNews.id – Kartu ATM BNI dapat memudahkan berbagai transaksi karena terhubung secara otomatis ke rekening tabungan BNI. Anda dapat menarik dan mentransfer uang tanpa pergi ke kantor cabang.
Meskipun demikian, kartu ATM BNI tidak memungkinkan transaksi dengan saldo yang sangat besar sekaligus. Sebab limit harian untuk kartu debit berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 100 juta, bergantung pada jenis kartu ATM BNI yang digunakan.

Jenis-jenis Kartu ATM BNI
Sebenarnya ada banyak jenis kartu ATM BNI. Namun, terdapat 8 jenis yang paling umum digunakan, antara lain kartu ATM BNI Silver, Gold, Platinum, GPN Orange, GPN Hijau, Taplus Muda, Taplus Anak, dan SimPel (Simpanan Pelajar).

- Advertisement -

1. Kartu ATM BNI Silver
Kartu ATM BNI Silver adalah jenis kartu ATM BNI berwarna perak atau abu-abu yang memiliki logo Mastercard di bagian depan. Kartu ini dapat digunakan baik di dalam maupun di luar negeri. Anda hanya perlu membuka rekening BNI Taplus untuk mendapatkan kartu ini.

Dengan kartu ATM BNI Silver, Anda dapat menarik tunai hingga Rp 5 juta setiap hari, mentransfer hingga Rp 50 juta ke sesama rekening BNI, dan mentransfer hingga Rp 10 juta ke bank lain. Selama pemakaian, Bank BNI secara otomatis akan memotong saldo Anda sebesar Rp 4 ribu per bulan untuk biaya administrasi.

- Advertisement -

2. Kartu ATM BNI Gold
Kartu ATM BNI Silver berwarna abu-abu, sedangkan kartu ATM BNI Gold berwarna kuning keemasan. Keduanya memiliki corak batik dan logo Mastercard.
Dengan membuka rekening BNI Taplus atau Taplus Bisnis, Anda dapat memiliki kartu ATM BNI Gold.

Jika Anda memilih untuk menggunakan kartu debit ini, saldo tabungan Anda akan dikenakan potongan Rp 7.500 untuk biaya administrasi setiap bulan.
Biaya administrasi kartu ATM BNI Gold lebih mahal daripada kartu ATM BNI Silver. Akibatnya, batas maksimum untuk kartu ATM BNI Gold adalah Rp 15 juta untuk tarik tunai, Rp 100 juta untuk transfer ke sesama rekening BNI, dan Rp 25 juta untuk transfer ke rekening bank lain.

- Advertisement -

3. Kartu ATM BNI Platinum
Kartu ATM BNI Platinum memiliki spesifikasi yang lebih tinggi daripada kartu ATM BNI Gold. Batas maksimal untuk menarik tunai adalah Rp 15 juta per hari, sementara batas maksimal untuk transfer uang ke rekening BNI dan bank lain adalah Rp 100 juta dan Rp 50 juta.
Jika Anda memiliki rekening BNI Taplus atau Taplus Bisnis, Anda dapat mendapatkan kartu Silver, Gold, atau Platinum. Jika Anda menggunakan kartu ATM BNI Platinum, biaya administrasi bulanan adalah Rp 10 ribu.

4. Kartu ATM BNI GPN Orange
Berdasarkan desain, kartu ATM BNI ini terlihat sama seperti jenis kartu Silver dan Gold. Yang membedakan hanya warna dan jaringan transaksinya. Kartu ATM BNI GPN Orange memiliki warna oranye dan logo burung garuda merah (GPN) di pojok kiri bawah.
Karena jaringan GPN, kartu ATM BNI Orange hanya dapat digunakan di ATM dan mesin EDC di dalam negeri. Namun, biaya administrasi untuk kartu ATM BNI GPN ini lebih murah, yaitu Rp 4 ribu meskipun limit transaksinya sama dengan kartu ATM BNI Silver.

5. Kartu ATM BNI GPN Hijau
informasibank.com menyarankan agar nasabah yang memiliki rekening Taplus atau Taplus Bisnis tidak tergesa-gesa untuk mendapatkan kartu ATM BNI Orange karena ada pilihan yang lebih menguntungkan. Pilihan tersebut ialah kartu ATM BNI GPN Hijau yang hanya memerlukan biaya administrasi Rp 4 ribu, namun batas transaksinya lebih luas.
Limit kartu ATM BNI GPN Hijau sama dengan kartu ATM Platinum, yakni Rp 15 juta untuk menarik tunai, Rp 100 juta untuk mentransfer ke rekening sesama BNI, dan Rp 50 juta untuk mentransfer ke rekening antarbank.

6. Kartu ATM BNI Taplus Muda
Kartu debit ini memiliki gambar gitar secara umum. Meskipun demikian, pembuatan di kantor cabang khusus dapat disesuaikan dengan gambar koleksi pribadi.
Biaya administrasi untuk kartu ATM BNI Taplus Muda, apapun desainnya, adalah Rp 4 ribu setiap bulan. Untuk transaksi, ada batasan Rp 5 juta untuk tarik tunai dan Rp 10 juta untuk transfer ke rekening BNI dan bank lain.

7. Kartu ATM BNI Taplus Anak
Kartu debit BNI Taplus Anak tersedia dalam dua desain, standar (mengikuti kebijakan bank) dan personalized (menggunakan foto koleksi pribadi).
Karena penggunanya adalah anak-anak dari usia 0 hingga 17 tahun, administrasi kartu ATM BNI Taplus Anak ini tidak dikenakan biaya. Walaupun gratis, kartu ini tetap dapat digunakan untuk menarik tunai hingga Rp 500 ribu dan membayar belanja di toko hingga Rp 500 ribu.

8. Kartu ATM BNI SimPel
Siswa PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA sederajat dapat memiliki kartu ATM SimPel (Simpanan Pelajar). Kartu debit BNI yang satu ini tidak dikenakan biaya administrasi bulanan, hal ini wajar saja karena limitnya sangat kecil. Adapun maksimal uang yang dapat diambil dan ditransfer masing-masing hanya Rp 250 ribu per hari.

Itulah beberapa jenis kartu ATM BNI yang umum digunakan saat ini. Ke depannya, Bank BNI akan mengeluarkan jenis kartu yang terbaru. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi untuk Anda dalam memilih jenis kartu ATM BNI yang tepat.   (Zs/Dtk.F)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini