spot_img
Sabtu, Maret 2, 2024
spot_img

7 Minuman untuk Membersihkan Ginjal Secara Alami

KNews.id – Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan bergizi, kesehatan ginjal juga bisa didukung dengan mengonsumsi minuman tertentu untuk membersihkan ginjal.

Ginjal merupakan organ sebesar kepalan tangan yang terletak di bawah tulang rusuk bagian belakang. Meski kecil, organ tersebut memiliki fungsi sangat besar, dari menyaring racun dan kotoran dari darah, menyeimbangkan kadar cairan serta mineral dalam tubuh, juga mendukung produksi sel darah merah.

- Advertisement -

Jika ginjal kotor atau mengalami kerusakan, tentunya fungsi-fungsi tersebut akan terganggu. Akibatnya, tubuh menjadi rentan terhadap risiko sejumlah penyakit, seperti darah tinggi, diabetes, hingga penyakit jantung. Ginjal yang rusak juga berpotensi berkembang menjadi gagal ginjal ataupun penyakit ginjal kronis.

Minuman untuk Membersihkan Ginjal
Guna mencegah risiko-risiko di atas, maka penting untuk selalu menjaga kesehatan ginjal. Salah satu caranya dengan mengonsumsi minuman untuk membersihkan ginjal.

- Advertisement -

Berikut daftar minuman yang bisa dikonsumsi agar ginjal tetap sehat.

1. Sari cuka apel
Sari cuka apel efektif mencegah terjadinya stres oksidatif pada ginjal. Stres oksidatif adalah kondisi ketika jumlah radikal bebas dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya.

Selain itu, sari cuka apel juga dapat meningkatkan jumlah antioksidan di dalam tubuh, menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi tekanan darah, yang mana menunjang kesehatan ginjal. Sari cuka apel juga mengandung asam nitrat yang dapat meluruhkan batu ginjal.

2. Jus Lemon
Jus lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu menghancurkan batu ginjal. Tak hanya itu, jus lemon juga dapat membantu ginjal menyaring darah dan mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh.

3. Jus Semangka
Semangka adalah salah satu buah yang memiliki sifat diuretik, sehingga dapat membantu membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh melalui urine.

Semangka juga kaya akan likopen yang dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan menjaga fungsi kerja ginjal. Selain itu, semangka juga mengandung kalium (potasium) yang dapat mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal.

4. Jus Delima
Sama seperti semangka, buah delima juga kaya akan kalium yang efektif menghilangkan batu ginjal. Kalium menurunkan keasaman pada urine, membatasi kristalisasi mineral dalam tubuh, dan membantu mengeluarkan racun hingga kotoran dari ginjal.

5. Jus Cranberry
Salah satu jenis jus buah yang tak kalah khasiatnya untuk membersihkan ginjal adalah cranberry. Jus cranberry dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, dua faktor yang bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal.

Tak hanya itu, jus cranberry kaya akan vitamin C yang bisa memperkuat sistem imun tubuh.

6. Teh Dandelion
Salah satu jenis teh yang dapat membantu membersihkan ginjal adalah teh dandelion. Tak hanya itu, teh dandelion juga dapat merangsang produksi empedu guna mendukung sistem pencernaan dan meminimalisir jumlah kotoran yang sampai ke ginjal.

7. Air putih
Minuman untuk membersihkan ginjal tak harus selalu menggunakan tanaman atau buah tertentu. Rutin mengonsumsi air putih setiap hari saja sudah dapat membantu memelihara kesehatan ginjal dan mencegah risiko berbagai macam penyakit.

Orang dewasa dianjurkan setidaknya minum dua liter air putih, atau delapan gelas setiap hari.

(Zs/Dtk)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini