spot_img
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

7 Cara Alami Atasi Batuk Berdahak, Mudah dan Praktis

KNews.id – Batuk berdahak biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri yang menyerang saluran pernapasan sehingga terjadilah penumpukan lendir atau dahak di paru-paru. Adapun faktor lingkungan dan gaya hidup yang bisa menyebabkan terjadinya batuk berdahak seperti merokok, meminum-minuman yang mengandung kafein atau alkohol, dehidrasi, dan menghabiskan banyak waktu di sekitar lingkungan yang kering.

Saat kamu atau orang terdekatmu mengalaminya dan tidak memiliki banyak waktu luang untuk pergi ke dokter, kamu bisa menggunakan beberapa cara dengan cara serta bahan alami yang bisa kamu temukan di rumah. Melansir Medical News Today, berikut 5 cara alami atasi batuk berdahak!

1. Kunyit

- Advertisement -

Kunyit merupakan salah satu rempah yang memiliki banyak khasiat di dalamnya. Kunyit mengandung curcumin, yakni senyawa yang dikenal dengan sifat antiinflamasi yang dapat membantu menghilangkan lendir di dalam paru-paru.

Kamu hanya perlu mengancurkan dan menghaluskan kunyit, lalu mencampurkannya ke dalam secangkir susu hangat. Minumlah dua kali sehari untuk meredakan batuk. Kamu juga bisa menambahkan sedikit garam ke dalam susu karena akan membantu meredakan batuk dan membersihkan dahak.

- Advertisement -
2. Menggunakan Pelembap Udara

Faktor lingkungan juga menjadi salah satu penyebab batuk berdahak. Maka dari itu, kamu sebaiknya hindari menghirup udara kering terutama pada malam hari karena tenggorokan kering akan lebih mudah teriritasi. Dengan menggunakan pelembap udara di area sekitarmu misalnya kamar atau ruang tamu dapat membantu dahak menjadi lebih encer dan mudah  keluar dari paru-paru.

3. Berkumur dengan Air Garam

Ternyata air garam dapat membantu meredakan batuk berdahak, lho, Beauties. Air garam dapat menenangkan tenggorokan yang teriritasi dan dapat membantu membersihkan sisa lendir. Kamu bisa menambahkan satu sendok garam ke dalam segelas air hangat dan berkumurlah beberapa kali dalam sehari.

- Advertisement -
4. Gunakan Minyak Kayu Putih

Kayu putih dapat kamu gunakan untuk meredakan batuk serta mengurangi lendir yang ada di dalam paru-paru. Kamu bisa melakukannya dengan menambahkan beberapa tetesan kayu putih dan usap pada bagian dada secara perlahan. Selain itu, kamu bisa memasukkan beberapa tetes kayu putih ke dalam diffuser jika kamu memilikinya.

5. Mandi Air Hangat

Apa Beauties terbiasa mandi dengan air dingin? Saat kamu terkena batuk sebaiknya kamu mandi menggunakan air hangat, kamu juga bisa menghabiskan waktu di dalam kamar mandi yang dipenuhi uap karena akan membantu mengencerkan dan membersihkan lendir di hidung dan tenggorokan. Berada di dalam ruangan uap hangat dapat membantu meredakan sinusitis.

6. Perbanyak Minum

Sangat penting menjaga tubuh kamu agar tetap terhidrasi karena batuk sepanjang hari dapat membuat tenggorokanmu terasa kering. Perbanyaklah minum air putih atau minuman hangat pun dapat membantu mengencerkan lendir dan membuat tenggorokan terasa lega.

7. Peppermint

Kamu memiliki tanaman peppermint yang ada di sekitar halaman rumah? Ambil beberapa helai daunnya, peppermint mengandung mentol sehingga membantu mengencerkan dahak dan meredakan batuk. Caranya dengan merebus beberapa helai daun peppermint lalu dekatkan uapnya ke arah hidung dan hirup secara perlahan.

Jika batuk berdahakmu masih belum mereda setelah melakukan beberapa cara di atas, sebaiknya kamu pergi ke dokter untuk menerima pengobatan lebih lanjut.

(Zs/Buty)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini