spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

Rusia Menembak Menjatuhkan Lima Pesawat Ukraina, Termasuk Sukhoi Su-24 dan Su-27!

KNews.id- Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia menyatakan militernya telah menyerang 36 objek militer Ukraina, dan menembak jatuh 19 drone (UAV) selama sehari terakhir.

“Rusia telah melenyapkan 5 pesawat tempur Ukraina selama 24 jam terakhir,” ungkap pernyataan resmi dari Kementerian Pertahanan Rusia.

- Advertisement -

Pesawat yang ditembak jatuh itu termasuk empat jet Sukhoi Su-24, dan satu jet tempur Sukhoi Su-27.

“Sistem pertahanan udara dan penerbangan Angkatan Udara Rusia menjatuhkan empat pesawat Su-24 Angkatan Udara Ukraina di atas wilayah Chernigov selama sehari terakhir, dua di antaranya di dekat pemukiman Repka, dan dua lagi di dekat Gorodnya.

- Advertisement -

Satu Su-27 Ukraina ditembak jatuh di dekat Kramatorsk, wilayah Donetsk,” papar juru bicara militer Rusia Igor Konashenkov, dilansir Sputnik, Senin (28/3).

Dia juga mencatat pasukan Rusia menjatuhkan 5 roket Smerch di wilayah Kherson. Sejak awal operasi khusus, pasukan Rusia telah melenyapkan total 303 drone, 1.713 tank, 170 peluncur roket, dan 1.557 kendaraan militer Ukraina.

- Advertisement -

Operasi militer khusus di Ukraina diluncurkan pada 24 Februari, setelah seruan dari Donetsk dan Lugansk, yang telah menderita akibat perang selama delapan tahun yang dilancarkan Kiev.

Kementerian Pertahanan Rusia menekankan operasi itu hanya menargetkan infrastruktur militer Ukraina dan mencatat Moskow tidak berniat menduduki Ukraina. Presiden Vladimir Putin menegaskan tujuan Rusia adalah melindungi rakyat Donbass dan operasi tersebut bertujuan demiliterisasi dan denazifikasi Ukraina. (AHM/sindw)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini