spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

5 Menteri Jokowi Terkait Korupsi dari Parpol, Yunarto Wijaya Beri Sindiran Keras

KNews- Lima menteri terseret kasus korupsi selama dua periode Jokowi menjabat presiden. Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya memberi sindiran bahwa kelima menteri yang ditangkap KPK maupun kejaksaan merupakan petugas partai.

Sindiran Yunarto Wijaya dikemukakan melalui akun Twitter pribadinya @yunartowijaya

- Advertisement -

Yunarto Wijaya meminta pihak-pihak yang selama ini mempersoalkan istilah “petugas partai” untuk berkaca. Kelima menteri yang terseret kasus korupsi dan ditangkap oleh KPK maupun kejaksaan adalah petugas partai.

“5 Menteri yang pernah ditangkap semuanya adalah petugas partai… Jadi mohon ngacalah kalian yg mengaku tidak mengenal istilah ini, tapi menitipkan kadernya utk jadi anggota kabinet dan ternyata kelakuannya gitu…” cuit Yunarto Wijaya melalui akun Twitter.

- Advertisement -

Selama dua periode Jokowi menjabat Presiden, sejak 2014, tercatat sudah empat menterinya menjadi tersangka KPK. Teranyar, Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek BTS.

Berikut menteri yang menjadi tersangka dan terpidana kasus korupsi di pemerintahan Presiden Jokowi

- Advertisement -

Idrus Marham
Politikus Partai Golkar ini ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK hingga menjadi terpidana kasus korupsi proyek pembangunan PLTU Riau-1. Idrus terbukti menerima suap Rp2.25 miliar dari pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited saat menjabat Menteri Sosial dengan jabatan di partai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar.

Imam Nahrawi
KPK menetapkan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, sebagai tersangka kasus korupsi penyaluran hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu divonis hukuman tujuh tahun penjara.

Imam Nahrawi terbukti menerima suap dari mantan Sekretaris Jenderal KONI Ending Fuad Hamidy dan mantan Bendahara KONI Johnny E Awuy.

Edhy Prabowo
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan pada periode kedua pemerintahan Jokowi, Edhy Prabowo ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus suap izin ekspor benih lobster.

Politikus Partai Gerindra itu menerima uang sekitar Rp3,4 M dari PT Aero Citra Kargo (ACK) dan menjadi terpidana.

Juliari Peter Batubara
KPK menetapkan mantan Menteri Sosial Juliari Batubara pada 6 Desember 2020 sebagai salah satu dari lima tersangka kasus korupsi program bantuan sosial (bansos) penanganan Covid-19 untuk Jabodetabek 2020.

Juliari Peter Batubara merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). KPK menyita uang sekitar Rp14,5 miliar dalam OTT Kemensos yang merupakan hadiah bantuan sosial Covid-19 di wilayah Jabodetabek 2020.

Juliari menyerahkan diri ke KPK pada 16 Desember 2020 dan diduga sebagai penerima bersama MJS dan AW serta pemberi adalah AIM dan HS.

Johnny G Plate
Kejaksaan Agung menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate sebagai tersangka. Sekretaris Jenderal Partai Nasdem itu menjadi tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung 1, 2, 3, 4 dan 5 Bakti Kementerian Kominfo tahun 2020-2022 dengan kerugian negara Rp8,37 triliun. (RZ/FJR)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini