spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Husin Shihab Dipolisikan Balik oleh Habib Bahar, RH: Kayak gak ada Kerjaan Saja!

KNews.id- Ahli hukum tata negara, Refly Harun menanggapi soal polemik Habib Bahar bin Smith dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Dudung Abdurachman yang berujung pelaporan dari Husin Shihab.

Diketahui pula bahwa pihak Habib Bahar berencana melaporkan balik pelapornya, yakni Husin Shihab atas dugaan penyebaran berita bohong alias hoaks.

- Advertisement -

Menanggapi hal tersebut, Refly mengaku heran dengan aksi saling lapor kedua belah pihak.

Walaupun sesekali perlu dilakukan, namun dia berharap agar pelaporan keduanya tidak diproses. Hal itu lantaran, kata Refly, dengan aksi saling lapor seakan memperlihatkan buruknya cara berpikir bangsa Indonesia.

- Advertisement -

Padahal kasus keduanya hanya soal berbeda pandangan saja. Di negara demokrasi sebenarnya mengkritik dan kritik merupakan hal yang wajar dan tidak seharusnya dibawa ke jalur hukum.

“Ini kasusnya mau dilaporkan balik, walaupun sekali-kali perlu juga. Terus terang kalau sikap saya berharap dua-duanya enggak diproses, terlalu cemen bangsa ini kalau kerjanya lapor melapor, seperti enggak ada kerjaan saja. Toh itu masih wilayah perbedaan pendapat, yang namanya orang dikritik dan mengkritik itu hal yang biasa,” kata Refly dalam saluran YouTube miliknya dikutip Hops.id pada Kamis, 23 Desember.

- Advertisement -

“Jadi dua-duanya tidak boleh baper. Tapi memang harus seimbang juga, jadi barangkali untuk pembelajaran keduanya. Mudah-mudahan tidak diproses dua-duanya,” imbuhnya.

Saling Lapor Pihak Husin Shihab dan Habib Bahar

Sebagaimana diketahui, Husin Shihab melaporkan Bahar dan Eggi Sudjana ke Polda Metro Jaya buntut pernyataan keduanya yang menyinggung KASAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Sebaliknya, salah satu pengacara Habib Bahar juga menegaskan dalam waktu dekat bakal melaporkan balik Husin Shihab.

“Justru kita akan laporkan balik dia. Karena dia penyebar hoaks, jadi kita akan laporkan balik,” kata pengacara Bahar, Ichwan Tuankotta saat dihubungi, Selasa (21/12), menyitat CNN.

Disampaikan Ichwan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan bukti-bukti yang akan disertakan dalam laporan terhadap Husin Shihab tersebut. Kata Ichwan, upaya pelaporan balik ini merupakan permintaan langsung dari Bahar.

“Iya keinginan dari Habib Bahar sendiri. Kita akan lakukan itu nanti. Dalam tempo yang sesingkat-singkatnya kita akan lapor balik dia,” ucap Ichwan.

Ichwan menyebut bahwa pernyataan bahar yang menyinggung Dudung itu merupakan sebuah bentuk kritikan.

“Kalau dilihat kan dari proses awal cikal bakal perselisihan itu dari pernyataan Pak Dudung ya, kaitan bahwa saya berdoa dengan bahasa Indonesia karena Tuhan bukan orang Arab,” tutur Ichwan.

Ichwan juga menilai bahwa laporan yang dilayangkan oleh Husin terhadap Bahar dan Eggi Sudjana adalah sebuah bentuk provokasi untuk umat Islam.

“Justru Husin Shihab ini yang provokasi umat Islam,” ujarnya. (AHM/hop)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini