spot_img
Jumat, Mei 17, 2024
spot_img

3 Perusahaan Terafiliasi Tutut Soeharto Masih Utang Rp700 M ke Negara

KNews.id –Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membeberkan tiga nama perusahaan terafiliasi dengan putri mantan presiden Soeharto, Siti Hardijanti Rukmana alias Tutut yang punya utang ke negara lebih dari Rp700 miliar.
Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Rionald Silaban menyebut tiga perusahaan yang dimaksud adalah PT Citra Bhakti Margatama Persada, PT Citra Mataram Satriamarga Persada, PT Marga Nurindo Bhakti. Ketiga perusahaan ini pun terafiliasi dengan PT Citra Lamtoro Gung Persada.

Rionald menuturkan pihaknya sudah pernah memanggil tiga perusahaan tersebut. Namun, belum ada kesepakatan yang dihasilkan.
Adapun perusahaan yang memiliki utang paling besar adalah PT Marga Nurindo Bhakti.
“Itu sekitar Rp700-an (miliar utangnya) ya, nanti dicek angkanya lagi, tapi sekitar Rp700-an yang paling besar di catatan kami yang masih ada outstanding-nya Marga Nurindo Bhakti, sekitar Rp470-an (miliar),” ujar Rionald dalam Media Briefing di Kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Jakarta, Selasa (20/6).

- Advertisement -

Ia mengatakan ketiga perusahaan tersebut pun tidak memiliki jaminan pembayaran utang. Oleh karena itu, tidak ada aset yang saat ini dirampas oleh pemerintah.

Meski demikian, Rionald berjanji pihaknya akan terus melakukan penyelidikan.
“Sebagaimana debitur lain yang harta kekayaan lainnya kami lihat, kami juga akan melihat. Waktu kami kan enggak banyak,” ucapnya.
Secara terpisah, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo mengatakan utang tiga perusahaan yang terafiliasi dengan PT Citra Lamtoro Gung Persada kepada pemerintah itu tepatnya adalah sebesar Rp775 miliar.

- Advertisement -

“(Utang) sekitar Rp775 miliar,” kata Yustinus melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lau.
Hak tagih negara itu terhadap debitur yang terkait dengan bank yang dulu diselamatkan pemerintah, Bank Yakin Makmur (Bank Yama).

(Zs/CNN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini