spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

2020, Hotel Sahid akan Membuka Cabang di Uzbekistan

Vivi Herlambang selaku Direktur Bisnis, Sales, dan Merketing Hotel Sahid

KNews.id Pekan lalu, KeuanganNews.id berkunjung ke kantor pusat Hotel Sahid, yang terletak di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Vivi Herlambang selaku Direktur Bisnis, Sales, dan Merketing Hotel Sahid menyambut kami dengan kehangatan dan berbicara terkait bisnis perhotelan di Indonesia, berikut petikan wawancaranya:

- Advertisement -
  • Bagaimana kabar Hotel Sahid dan dapat ibu jelaskan seputar apa yang akan dilakukan terkait penjualan di tahun 2019?

Sahid Hotels & Resorts terus membuktikan keseriusannya untuk melakukan ekspansi besar dengan melebarkan sayapnya di Indonesia khususnya pada destinasi wisata terbaik di Indonesia dan bahkan sampai ke kancah Internasional. Berdasarkan pencapaian tahun 2019 hingga bulan September 2019, masih in-line dengan tahun lalu, dan kami optimistis, semoga di akhir tahun ini,revenue bisa tercapai sesuai dengan target.

Strategi penjualan difokuskan pada pemasaran digital untuk memaksimalkan tingkat pemesanan kamar melalui beberapa channel marketing di antaranya adalah mempertahankan reputasi online melalui konten yang menarik di situs web, aktif di media sosial, perbanyak video untuk tingkatkan pengalaman virtual, jalankan iklan dengan efektif, penggunaan aplikasi serta email marketing.

- Advertisement -

Selain hal tersebut, SAHID Hotels & Resorts juga masih menerapkan system penjualan untuk offline berdasarkan market segment di antaranya dari : MICE, Corporate, Travel Agent, Online Agent, dan Unique Segment khususnya untuk market divers, special experience package untuk SAHID Resort.

Adapun dari segi Business Development, SAHID Hotels & Resorts telah mengembangkan 27 Hotel yang tersebar di lebih dari 20 kota Besar di Indonesia, jadi saat ini SAHID Hotels & Resorts tidak hanya mengelola Hotel milik sendiri, namun juga menawarkan jasa technical assistance mulai dari pembangunan hotel hingga hotel dioperasikan dan jasa assessment atau pengelolaan hotel yang sudah beroperasi dengan melakukan re-brandingperubahan brand mulai dari collateral, building, pelayanan dan juga produk yang ditawarkan berdasarkan standard SAHID Hotels & Resorts.

- Advertisement -

Selain milik sendiri, ada juga dua hotel yang merupakan Hotel Join Venture, dan 15 hotel lainnya merupakan hotel milik perusahaan lain yang dikelolah menggunakan management SAHID.

  • Dapatkah Ibu memberi gambaran tantangan yang masih akan dihadapi dalam mendorong perkembangan bisnis perhotelan di Indonesia, baik dari sisi regulasi, bahan baku maupun teknis operasional lainnya. Lalu apa yang akan dikerjakan di tahun ini?

Tantangan dari sisi regulasi yaitu semakin maraknya kehadiran Airbnb di Indonesia yang sampai hari ini belum ada regulasi khusus dari pemerintah Indonesia terkait penginapan berbasis aplikasi seperti negara lainny sehingga tercipta kinerja industri yang baik Tantangan dari sisi bahan baku sangat terasa bagi pengusaha hotel dimana sekarang ini banyak bermunculan hotel budget yang mengusung konsep art.

Sehingga banyak pengusaha hotel yang berlomba-lomba membangun hotelnya dengan mengusung konsep art dan memiliki banyak spot2 menarik untuk foto. Tentunya untuk memenuhi konsep tersebut akan membutuhkan lebih banyak bahan baku khususnya bahan baku makanan, dimana F&B hotel harus mampu membuat presentasi makanan yang menarik, unik dan terlihat mewah.

Tantangan terbesar saat ini adalah IT&Lokasi. Kenapa demikian karena untuk di beberapa area yang masih berkembang seperti di Wakatobi dan Morotai, tantangan disana adalah sulitnya mendapatkan koneksi jaringan yang stabil. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan investasi yang cukup besar untuk merebut market dan memenangkan persaingan.

Selain itu, di daerah berkembang tersebut, keterbatasan atas ketersediaan sumber daya manusia yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang pariwisata, sehingga untuk menangani hal ini kami mengirimkan tim dari Corporate Office SAHID Hotels & Resorts untuk memberikan pelatihan , training dan assessment bagi staf SAHID Hotels & Resorts di daerah tersebut mulai saat mereka di rekrut hingga mereka siap memberikan pelayanan kepada tamu.

Tantangan lain dari lokasi adalah untuk area – area tertentu, dengan peningkatan harga tiket pesawt menjadi pemicu menurunnya jumlah kunjungan wisatawan di beberapa daerah. Sehingga hal ini pun juga berdampak pada menurunnya tingkat hunian hotel. Namun, untuk mengatasi hal ini,seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa SAHID Hotels & Resorts melakukan penetrasi pasar melalui segmentasi market yang tidak hanya mengharapkan tamu dari satu segment melainkan dari beragam segmen pasar.

  • Di tengah berjamurnya hotel-hotel yang ada dari bintang satu hingga lima, bagaimana sikap Hotel Sahid menghadapinya?

Sahid Hotel tetap optimistis dengan terus menciptakan strategi – strategi jitu dalam penjualan dan operasional. Dan Sahid Hotel juga terus mengembangkan jaringannya khususnya di destinasi wisata terbaik di Indonesia. Selain itu , SAHID People harus melek teknologi/digital, dan kekinian.

SAHID people harus mampu menyesuaikan dengan perubahan digital, misalnya yang dulunya masih menawarkan dengan offline segment, sekarang, tidak hanya menawarkan produk dan pelayanan hotel melalui sales call, face to face meeting dengan client, bekerjasama dengan berbagai segment seperti : Governement, Corporate, Travel Agent, Social Community, namun juga menawarkan produk melalui Online segment : SAHID Website, bekerjasama dengan online Agent dan Whole seller, dan juga menawarkan system transaksi yang lebih praktis mulai dari pemesanan hingga pembayaran.

Kekinian maksudnya : SAHID saat ini telah berevolusi menjadi SAHID dengan era yang baru, Kami percaya bahwa kesuksesan suatu company tidak hanya dilihat dari produk dan fasilitas, tapi juga orang – orang (people) yang ada di dalamnya. SAHID people saat ini bisa dikatakan 80 % terdiri dari millennial yang melahirkan ide – ide kreatif yang bisa menyatu dengan perkembangan digital saat ini.

  • Sepertinya, Hotel Sahid, Indonesia Hotel sekali, apakah ini pesan dari almarhum Pak Sukamdhani?

Ya Betul. Beliau merupakan Founder dari SAHID Hotels & Resorts. Almarhum memberikan warisan budaya Indonesia yang sangat kental untuk terus dijunjung tinggi, baik budaya dalam hal fasilitas dimana didalam desain hotel memasukan unsur budaya dari masing – masing daerah tersebut, pelayanan khas masyarakat timur yang mengutamakan keramahtamahan serta SDM yang mayoritas adalah masyarakat local. SAHID Hotels & Resort

memiliki core value “Where Tradition Culture & Services Merged” yang berarti SAHID Hotels sangat menjunjung tinggi tradisi dan budaya kemudian menyelaraskan hal tersebut dalam memberikan pelayanan dan produk yang di tawarkan.

Artinya, SAHID Hotels & Resort tidak hanya mengangkat kebudayaan dan tradisi di Indonesia saja, namun juga mengangkat tradisi dan budaya dari lokasi Hotel tersebut. Misalnya, di tahun 2020 SAHID Hotels & Resort akan membuka Hotel di Bukhara, Uzbekistan, Hotel dengan nama SAHID Zarafshon ini merupakan hotel pertama yang dikelola oleh SAHID Hotels & Resorts diluar Indonesia. Dari segi building maupun Interior ada touch tradisi dan budaya Uzbekistan yang dipadukan dengan pelayanan standard SAHID Hotels & Resorts.

  • Dapat dijelaskan manfaat populasi di Indonesia banyak sekali, apakah ini sedikit bermanfaat untuk Hotel Sahid?

Tentu saja, karena dengan meningkatnya populasi sehingga meningkat pula kebutuhan akomodasi. Yang artinya semakin banyak pengguna maka semakin tinggi permintaan, sehingga berpengaruh kepada semakin meningkatnya permintaan tamu – tamu untuk menginap di Hotel.

Karena di zaman saat ini, Hotel sudah bukan lagi kebutuhan tambahan, namun kebutuhan pokok bagi mereka yang ingin berlibur, berbisnis, dan melakukan berbagai kegiatan sosialita. Untuk itu, Hotel harus dapat menyediakan fasilitas yang menjadi kebutuhan penting bagi tamu –tamu dari berbagai kalangan.(Fahad Hasan)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini