spot_img
Selasa, Juli 16, 2024
spot_img

Mahkamah Rakyat Luar Biasa Sudah Melayangkan Surat Panggilan Kepada Jokowi

KNews.id –  Mahkamah Rakyat Luar Biasa telah melayangkan surat pemanggilan kepada Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi dan sejumlah pimpinan partai politik untuk hadir di mahkamah tersebut.

Penjelasan itu disampaikan oleh Edy Kurniawan selaku juru bicara Mahkamah Rakyat Luar Biasa. Edy menyebut 9 penggugat pada Mahkamah Rakyat Luar Biasa serta saksi dan ahli yang ada di mahkamah itu memiliki kapabilitas.

- Advertisement -

“Itu bisa dicek ya, dari 9 penggugat dan saksi serta ahli yang kita hadirkan, dan hakim-hakim yang dihadirkan itu punya kapabilitas,” tuturnya. “Jadi kami sangat menyayangkan panggilan kepada Presiden Jokowi dan partai-partai, ketua DPR, sudah kami layangkan secara resmi melalui pos.”

Dalam dialog tersebut Edy juga menjawab pertanyaan mengenai kenapa sampai diperlukan adanya Mahkamah Rakyat Luar Biasa tersebut.

“Mahkamah Rakyat Luar Biasa ini sesungguhnya sudah dipersiapkan sejak kurang lebih satu tahun untuk mengumpulkan kass-kasus yang terjadi selama 10 tahun rezim Jokowi berkuasa.”

Pemilihan waktu 10 tahun, para penggugat, dan kasus-kasus yang diungkapkan kebenarannya melalui mahkamah rakyat ini menurutnya merupakan kasus-kasus yang sudah lama terjadi.

- Advertisement -

“Ada yang bertahun-tahun, puluhan tahun, dan ada yang baru terjadi selama 10 tahun pemerintahan Jokowi tidak sanggup diselesaikan,” ucapnya. “Rakyat memilih untuk berkumpul untuk menyelesaikan masalah sendiri dan meminta pertanggungjawaban Presiden Jokowi terkait 10 isu tersebut.”

Kedua, lanjut dia, mekanisme formal pernah dilakukan terhadap kasus-kasus ini, termasuk menggugat hingga ke Mahkamah Agung dan menang, tetapi tidak dieksekusi.

“Ada juga yang menggugat di pengadilan, kalah tapi warga belum medapatkan keadilan.”

(Zs/Kmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini