spot_img
Jumat, Mei 24, 2024
spot_img

Waduh…Taspen KCU Jakarta, Medan, dan Surabaya Kurang Membayar Uang Pensiun

KNews.id- Keluarga penerima pensiun yang tercatat dalam Surat Keputusan Pensiun berhak atas tunjangan keluarga yang terdiri dari tunjangan isteri/suami sebesar 10% dari pensiun pokok dan tunjangan anak sebesar 2% per anak dari pensiun pokok, sebanyak-banyaknya dibayarkan untuk dua orang anak. Tunjangan anak diberikan sampai anak berusia 21 tahun dan dapat diperpanjang sampai usia 25 tahun dengan dibuktikan surat keterangan sekolah/kuliah, belum bekerja, dan belum menikah.

Bagaimanakah pembayaran tunjangan anak dalam komponen uang pensiun di KCU Jakarta, KCU Medan dan KCU Surabaya? Berdasarkan data keluarga pensiun diperoleh daftar peserta pensiun yang memiliki anak yang masih memenuhi syarat memperoleh tunjangan anak. Data tersebut kemudian dibandingkan dengan data pembayaran pensiun dalam Dapem selama tahun 2016, dan diketahui terdapat kekurangan pembayaran uang pensiun karena tidak memperhitungkan tunjangan anak.

- Advertisement -

Pemeriksaan terbatas hanya pada data peserta yang memiliki anak belum dewasa (berusia kurang dari 21 tahun), serta peserta yang tidak memiliki tunjuk silang. Selain itu, terhadap peserta yang memiliki tunjuk silang yaitu menerima lebih dari satu jenis pensiun atau memiliki istri/suami yang masih aktif sebagai pegawai Aparatur Sipil Negara, tidak diperiksa lebih lanjut apakah tunjangan anak telah diperhitungkan dalam komponen uang pensiun lainnya yang diterima.

Berdasarkan dokumen yang dimiliki Klikanggaran, terdapat 822 peserta di KCU Jakarta, KCU Medan dan KCU Surabaya yang tidak memperoleh tunjangan anak sebesar Rp427.594.050,00 dalam uang pensiun yang diterima selama tahun 2016.

- Advertisement -

Berdasarkan dapem selama tahun 2016, terdapat ketidakkonsistenan pembayaran tunjangan anak per bulan selama Januari s.d Desember 2016. Di antaranya ada yang dibayarkan pada bulan-bulan di awal tahun namun kemudian tidak diperhitungkan lagi dalam bulan-bulan selanjutnya meskipun masih berhak, serta ada yang memang tidak dibayarkan selama tahun 2016. Kondisi ini telah dikonfirmasikan kepada masing-masing kantor cabang terkait dhi.

Bidang Layanan dan Manfaat serta Bidang Kepesertaan dan dijelaskan bahwa memang peserta dengan nomer taspen (notas) tersebut masih berhak tunjangan anak. Lebih lanjut dijelaskan bahwa ketidakkonsistenan perhitungan tunjangan anak dalam dapem di tiap-tiap bulannya disebabkan oleh proses mutasi data saat perpindahan hak tunjangan anak dari anak yang telah dewasa kepada adik yang masih berhak, karena tunjangan anak hanya dapat diberikan maksimal kepada dua orang anak.

- Advertisement -

Terhadap anak yang telah dewasa (umur 21 tahun atau maksimal 25 tahun dengan kriteria tertentu) maka akan dilakukan penghentian pembayaran tunjangan anak secara sistem. Jika peserta memiliki beberapa anak, maka tunjangan anak atas anak yang telah dewasa tersebut akan dipindahkan kepada saudara di bawahnya yang memenuhi kriteria. Proses pemindahan tersebut masih dilakukan secara manual oleh petugas pelayanan, sehingga hasilnya masih berpotensi tidak akurat.

PT Taspen menggunakan Aplication Core Bussiness (ACB) dalam pengelolaan data peserta dan pelayanan. Aplikasi ini telah didukung dengan menu evaluasi data pensiun, namun belum dapat mengontrol ketidaksesuaian kondisi data keluarga peserta dengan data pembayaran pensiun (Dapem), sehingga terhadap anak yang masih berhak dalam Data Keluarga tidak diperhitungkan tunjangan anaknya dalam Dapem.

Pembayaran tunjangan anak tidak berlaku surut, sehingga atas tunjangan anak tahun 2016 seperti tabel di atas yang tidak dibayarkan meskipun berhak maka tidak dapat dibayarkan kemudian. Kondisi tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Direksi nomor PD-12/DIR/2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Program Tabungan Hari Tua, Program Pensiun, dan Manajemen Data Peserta, yaitu Pasal 99, pasal 100, dan pasal 103.

Kondisi di atas mengakibatkan minimal 822 peserta pensiun di KCU Jakarta, KCU Medan dan KCU Surabaya kurang memperoleh hak atas jumlah uang pensiun Tahun 2016 yang tidak memuat komponen tunjangan anak.(FT&Tim Investigator KA)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini