spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Waduh…Diduga, Direksi Pertamina Berbohong kepada Presiden

KNews.id- Salah satu alasan Pertamina belum bisa menurunkan harga BBM-nya sesuai kondisi pasar saat ini adalah karena diwajibkan membeli minyak mentah hak KKKS. Selain itu Pertamina adalah bukan trading company seperti diucapkan Dirut Pertamina Nicke Widyawati, yang bisa dianggap terlalu mengada-ada. Demikian disampaikan oleh Yusri Usman, Direktur Eksekutif CERI, di Jakarta.

“Apalagi katanya, harga minyak mentah milik KKKS telah dibeli Pertamina jauh lebih mahal daripada harga dari pemasok luar negeri. Bahkan katanya, harga belinya bisa mencapai ICP (Indonesian Crude Price) plus USD 7 hingga USD 13 untuk minyak Banyu Urip, Duri, dan Minas. Ini adalah sebuah keanehan dan tidak masuk akal sehat,” tutur Yusri.

- Advertisement -

Yusri Usman berasumsi, meskipun rumornya penetapan harga ICP oleh KESDM setiap bulannya diduga sarat kepentingan banyak pihak, termasuk kepentingan operator KKKS, karena sangat berpengaruh terhadap bagi hasil dari setiap barel produksi minyak, sehingga salah menetapkan nilai ICP yang benar, bisa berpotensi negara dirugikan.

Menurutnya, semenjak tidak ada koordinasi antara pengelola usaha hulu migas (KESDM dan SKKMIGAS) dengan Pertamina yang mengelola kilang dan penyediaan BBM, telah terjadi hal yang menyedihkan dan “merugikan” Negara, juga rakyat Indonesia.

- Advertisement -

Harga minyak atau ICP yang digunakan untuk menghitung kontrak bagi hasil atau PSC cenderung Under Value, sehingga malapetakanya minyak Indonesia yang digunakan untuk membayar investasi kontraktor atau cost recovery volume atau jumlahnya akan semakin besar.

“Tentu saja minyak bagian atau entitlement Kontraktor menjadi sangat besar, jumlah minyaknya berasal dari Cost Recovery ditambah minyak dari Bagi Hasil,” kata Yusri.

- Advertisement -

“Celakanya lagi, minyak bagian KKKS (sekitar 40 – 50 persen dari total produksi sumur minyak) apabila dibeli oleh Pertamina harganya TIDAK ICP atau tidak sama dengan harga minyak yang digunakan untuk kontrak hulu migas. Dikarenakan ICP cenderung “under value”, maka Pertamina membeli minyak bagian KKS dengan harga ICP plus premium atau ICP +++. Berdasarkan info dari beberapa sumber, diperoleh data bahwa Pertamina membeli minyak KKKS hingga ICP plus di atas 10 usd per barel yaitu Minyak Duri,” papar Yusri.

Tentu saja menurutnya, sangat berat bagi Pertamina apabila membeli crude dalam negeri untuk feedstock kilang. Ini bukti bahwa ada masalah dalam pricing ICP, dan diketahui juga bahwa di kawasan regional Asia Tenggara, mutu minyak mentah Indonesia setara atau bahkan lebih tinggi dibanding Malaysia, Brunei,Thailand, Vietnam. Namun, nilai ICP jauh di bawah harga minyak di Negara Negara tersebut.

Walhasil, BBM atau produk kilang yang dihasilkan Kilang Pertamina dengan membeli crude domestic milik KKS telah menaikkan ongkos produksi.

“Padahal menurut Permen ESDM Nomor 42 Tahun 2018 sudah diatur bahwa kesepakatan harga beli minyak mentah oleh Pertamina terhadap KKKS itu berbasiskan bussines to business, dan tidak boleh memberatkan sepihak. Artinya, kalau harga minyak mentah import dari hitungan bisnisnya, Pertamina jauh lebih murah daripada harga KKKS, maka tidak ada kewajiban bagi Pertamina untuk tetap membeli minyak dari KKKS,” ulas Yusri.

Maka menurut Yusri, sangat keliru ketika ada pendapat kalau Pertamina tidak beli minyak KKKS, maka KKKS itu akan mati. Karena KKKS seperti Chevron, Exxon, Petrochina, Petronas, ENI, Total, Conoco yang produksinya mencakup hampir 60% produksi nasional di Indonesia adalah perusahaan minyak kelas dunia raksasa yang jauh lebih besar daripada Pertamina.

Pendapat Yusri Usman, perihal pembelian minyak mentah ex KKKS inilah yang penting dari sejak awal Pertamina harus informasikan. Kalau Pertamina tidak berminat dengan pertimbangan yang logis, maka KKKS bisa lebih awal menawarkan ke pihak pembeli lainnya dan bisa mengurus rekomendasi ekspor, supaya tidak terjadi kekacauan inventory di terminal muat milik KKKS.

“Malah seharusnya Pertamina sebagai BUMN strategis yang telah ditugaskan oleh negara untuk menjamin tersedianya BBM dengan kualitas baik, takaran yang benar dan harga jual sesuai keekonomiannya untuk bisa dibeli oleh rakyat, maka seharusnya Pertamina lebih peduli kalau rakyat yang akan mati akibat harga BBM dijual mahal daripada memikirkan KKKS akan mati. Itulah bagian penting dari pesan konstitusi,” ujar Yusri.

“Harusnya Pertamina bisa lebih jujur sama rakyat bahwa sampai hari ini belum diturunkan harga BBM lebih disebabkan inefisiensi dalam tubuh Pertamina, juga banyaknya proses bisnis yang terlanjur tidak efisien dari hulu ke hilir. Termasuk struktur organisasi sudah terlalu gemuk dengan menempatkan 11 direksi sudah kami protes sejak awal ditetapkan KBUMN,” lanjutnya.

Yusri menegaskan, kondisi saat ini tentu sangat berbeda dengan kondisi pernah terjadi pada awal tahun 2015 hingga Juni 2016, ketika harga minyak dunia sempat menyentuh ke level USD 30 per barel hanya dalam beberapa bulan.

Akan tetapi, tidak melampaui batas keekonomian rata-rata biaya produksi sumur di hulu, dan konsumsi BBM nasional tidak ada penurunan, dengan langkah inovatif dari Direksi saat itu muncul produk Pertalite dan Dexlite telah membuat sektor hilir telah memberikan kontribusi laba besar terhadap Pertamina pada akhir tahun 2015 dan 2016.

Dan menurut pandangan Yusri, kalau ditelisik lebih mendalam, ternyata Pertamina terlanjur telah dibebani penyakit lama dari hulu sampai hilir, sehingga sangat ringkih koceknya ketika harga minyak dunia sudah menyetuh level sekitar USD 35 hingga USD 40 per barel, karena rata-rata biaya pokok produksi sumurnya sekitar USD 30 per barel.

Artinya kata Yusri, ketika harga minyak mentah menyetuh level USD 30 per barel saja, maka bisa jadi hasil jual minyak mentah Pertamina bisa dianggap impas alias hanya cukup untuk menutup cost recovery. Maka ketika harga minyak menyentuh USD 20 per barel, Pertamina dalam posisi maju kena mundur kena.

“Tentu malapetaka besar akan menimpa Pertamina apabila harga BBM ditetapkan sesuai ketentuan Kepmen ESDM Nomor 62 K tahun 2020,” sesal Yusri.

Yusri Usman juga mengulas, pada saat harga minyak rendah, sektor hulu merupakan beban terberat bagi korporasi dalam kondisi seperti ini. Hal tersebut diperparah oleh hasil produksi blok migas Pertamina di luar negeri terbukti sangat mengecewakan dan jauh dari target yang diiming-imingkan saat pembelian lading minyak tersebut dengan jumlah uang yang telah digelontorkan oleh Pertamina selama ini.

Hal tersebut menurut Yusri karena proses akuisisinya sarat dengan dugaan praktek mark up. Contohnya, kasus akusisi partipacing interest blok migas Aljazair, blok migas Murpy di Malaysia, dan terakhir termasuk paling fatal adalah akusisi saham Maurel at Prom, Perancis, yang asetnya ada di tiga negara Afrika sampai saat ini belum setetes pun dinikmati Pertamina.

“Semua biaya akuisisi itu diperoleh dari pinjaman dalam bentuk global bond, maka tentu sangat memberatkan keuangan Pertamina sampai saat ini. Tak kurang total global bond itu sudah mencapai USD 10 miliar. Juga adanya beberapa kontrak jangka panjang LNG selama 20 tahun yang dinilai kental dugaan hengki pengki telah ikut berkontribusi memberikan beban keuangan tersendiri bagi Pertamina,” kata Yusri.

Demikian juga dengan sistem pengadaan Crude, BBM, dan LPG di ISC (Integrated Supply Chain), yang menurut Yusri Usman selama 5 tahun terkahir ini masih belum transparan juga.

“Tak seindah seperti diucapkan Ahok di akun twitternya, karena HW sebagai SVP bukanlah pejabat yang tepat untuk menduduki posisi tersebut. Hal itu berbasiskan dokumen temuan BPK RI 18 Mei 2018, bahwa BPK RI telah merekomendasikan Direksi Pertamina agar mengenakan sanksi sesuai kententuan kepada VP Crude & Product Trading and Comercial yang tidak cermat melakukan monitoring yang telah mengakibatkan negara dirugikan kira-kira sebesar 34 juta USD. Di antaranya beberapa supplier telah gagal menyerahkan minyak sesuai kontrak, pembayaran kontrak kemahalan pada supplier yang merugikan Pertamina. Anehnya, malah yang bersangkutan telah dipromosikan oleh Direksi menjadi SVP ISC sampai saat ini,” sindir Yusri.

“Menurut catatan kami, HW selaku SVP ISC telah bertindak melanggar GCG, ketika menjelang masuk libur panjang lebaran 31 Mei 2019 pada tengah malam telah mengeluarkan undangan tak lazim dari sisi tata waktu untuk pengadaan kontrak paket LPG untuk kebutuhan jangka waktu 5 tahun. Dan, pada saat itu dari konfirmasi kami kepada yang bersangkutan dengan tembusan Dewan Direksi sudah menduga aktifitas tender itu hanya untuk memenangkan perusahaan Vtl Singapore dan Byg dari Turki, sesuai surat konfirmasi kami kepada SVP ISC pada 7 Juni 2019,” tegas Yusri.

Kondisi ini dinilai Yusri Usman semakin kelam, ketika Direksi Pertamina dalam pemaparan di depan Presiden dalam ratas khusus membahas “Kebijakan harga BBM dalam situasi pandemi covid 19” pada 28 April 2020 telah menampilkan data simulasi harga BBM secara keliru berdasarkan Kepmen ESDM Nomor 62K/12/MEN/2020, karena pada bagian kiri data simulasi telah menggunakan basis perhitungan menggunakan rata-rata nilai tukar Dollar Singapore (SGD) pada sebelah kiri dan sebelah kanan menggunakan nilai tukar Dollar Amerika.

“Padahal tidak ada satu aturan yang dikeluarkan KESDM bahwa perhitungan dan penetapan harga BBM berbasis Dollar Singapore,” ujar Yusri.

Selain itu, lanjutnya, ternyata untuk perhitungan harga BBM Umum yang akan diberlakukan 1 Mei 2020, Pertamina menetapkan semua parameter berbasiskan periode 60 hari sebelumnya. Padahal menurut Kepmen ESDM Nomor 62 K Tahun 2020 adalah rata-rata MOPS/Argus Gasoline 92 dan nilai tukar rupiah terhadap USD adalah 1 bulan sebelumnya yaitu mulai 25 Maret hingga 24 April 2020.

“Tentu akan berbeda hasilnya ketika salah menggunakan periode pengambilan datanya,” katanya.

Meskipun demikian, ternyata simulasi tersebut memberikan hasil sebagai berikut:

  • Harga BBM Gasoline 92 setara Pertamax Ron 92 adalah Rp6.125,47/ltr
  • Harga Pertalite Ron 90 adalah Rp6.092,88/ltr
  • Harga Pertamax Turbo Ron 98 adalah Rp6.388,944/ltr.

Faktanya, sampai hari ini harga jual BBM Pertamina di SPBU adalah: Pertamax Ron 92 Rp9.000/ltr, Pertalite Ron 90 Rp7.7650/liter, dan Pertamax Turbo Ron 98 seharga Rp9.850 per liter.

“Berbasiskan data simulasi yang diduga keliru saja sudah memperlihatkan bahwa Badan Usaha Pertamina, Shell, Vivo, AKR, dan Total telah menjual harga BBM dengan melanggar aturan perundang-undangan. Ironisnya, KESDM malah terkesan membiarkannya,” sungut Yusri.

Yusri menegaskan, semua data simulasi itu telah dikonfirmasikan dengan media WhatsApp (mengikuti protokol kesehatan covid 19) kepada Dewan Direksi dan Komisaris Pertamina. Sebagian besar sudah dibaca oleh Dewan Direksi dan Dewan Komisaris, antara lain Ir Ego Syahrial dan Ir Budi Sadikin.

“Tidak ada bantahan apapun, sehingga kami berkesimpulan bahwa benar data-data dalam simulasi itu telah disajikan kepada Presiden,” kata Yusri.

“Oleh karena itu, kami sementara berkesimpulan bahwa Dewan Direksi dan Dewan Komisaris diduga keras telah berbohong kepada Presiden,” lanjutnya.

Terakhir Yusri sampaikan, mengingat pada acara itu tentu dihadiri oleh Menteri ESDM sebagai regulator dan Meneg BUMN sebagai pembina korporasi, seharusnya sebagai pembantu Presiden menegur dan memberikan sanksi kepada Dewan Direksi dan Dewan Komisaris sebagai tanggung jawab renteng atas kesalahan itu.

“Maka tak salah kalau saya mengutip kalimat yang pernah disuarakan oleh Eric Tohir bahwa BUMN itu bukan badan usaha milik nenek lo,” tutupnya.(ADE&DBS)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini