spot_img
Rabu, April 17, 2024
spot_img

Salam 5 Jari dan Pesan Sri Mulyani untuk Presiden Terpilih, Jokowi Ungkap Penyebab Kelangkaan Beras

KNews.id – Berita terkini yang banyak mendapat perhatian pembaca adalah mengenai Menteri Keuangan Sri Mulyani yang memberi salam 5 jari dan pesan terhadap presiden terpilih usai pencoblosan.

Berita lain yang juga banyak dibaca adalah mengenai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kembali mendapat penugasan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Kali ini Kepala Negara menunjuk Luhut sebagai Ketua Pengarah Tim Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional.

- Advertisement -

Lalu berita tentang penjelasan Menteri Keuangan Sri Mulyani soal pembekuan anggaran hingga Rp 50,14 triliun. Menurutnya, pembekuan tersebut tidak mengganggu pelaksanaan program prioritas kementerian dan lembaga.

Kemudian berita mengenai Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas) yang menjelaskan langkah pemerintah mengatasi kelangkaan stok dan lonjakan harga beras, menurut Zulhas, saat ini pemerintah telah melakukan langkah-langkah untuk memastikan pasokan beras yang memadai. Yakni dengan meningkatkan pasokan beras Bulog di pasar-pasar, dari 100-200 ribu ton per bulan menjadi 250 ribu ton.

- Advertisement -

Berikutnya berita tentang Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menjelaskan penyebab kelangkaan beras di pasaran.

Berikut rangkuman lima berita terkini :

  1. Salam 5 Jari dan 2 Pesan Sri Mulyani Usai Mencoblos

Menteri Keuangan Sri Mulyani menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 pada hari ini, Rabu, 14 Februari 2024 di dekat kediaman pribadinya, daerah Bintaro, Tangerang Selatan.

- Advertisement -

Sri Mulyani didampingi suaminya, Tonny Sumartono, tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Nomor 73, Kelurahan Pondok Karya, Kecamatan Pondok Ranji pada pukul 9.00 WIB. Usai menggunakan hak pilihnya, Sri Mulyani memamerkan jari kelingkingnya yang telah ditandai tinta sambil melakukan salam lima jari.

“Kalau nanti cuma kelingking, dikira angka, jadi lima saja,” ucap Sri Mulyani sambil berkelakar kepada awak media, Rabu, 14 Februari 2024.

Sri Mulyani mengaku sudah yakin dengan pilihannya. Ia berharap masyarakat Indonesia ikut menggunakan hak pilihnya sesuai keyakinan hati dan pikirannya. Dia pun berharap seluruh warga Indonesia dapat menghormati pilihan masing-masing.

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani juga menyampaikan pesannya untuk presiden yang terpilih nanti.

  1. Luhut Dapat Tugas Terbaru dari Jokowi: Jadi Ketua Pengarah Tim Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kembali mendapat penugasan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Kali ini Kepala Negara menunjuk Luhut sebagai Ketua Pengarah Tim Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional.

Penunjukan Luhut tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Perpres itu ditetapkan dan ditandatangani Jokowi pada tanggal 12 Februari 2024.

Sebagaimana salinan Perpres yang dibaca melalui laman jdih.setneg.go.id di Jakarta, khususnya pada Pasal 5 ayat (1) disebutkan dalam pelaksanaan percepatan pengembangan industri gim nasional dibentuk Tim Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional yang beranggotakan kementerian/lembaga.

Pada Pasal 5 ayat (2) disebutkan Tim Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional terdiri atas pengarah dan pelaksana harian. Adapun pada Pasal 5 ayat (3) dijelaskan susunan Tim Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional di mana ketua pengarah dijabat oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

  1. Sri Mulyani: Pembekuan Anggaran Rp 50 Triliun Tidak Ganggu Program Prioritas Kementerian

Menteri Keuangan Sri Mulyani buka suara soal pembekuan anggaran hingga Rp 50,14 triliun. Seperti diketahui, pemerintah melakukan automatic adjustment atau penyesuaian otomatis terhadap anggaran APBN 2024. Setiap kementerian/lembaga harus menyisihkan sebanyak 5 persen dari total anggaran untuk dicadangkan.

Sri Mulyani menilai kebijakan ini tak akan mengganggu pembiayaan program-program prioritas di kementerian. Pasalnya, selama ini penyerapan anggaran dari kementerian atau lembaga rata-rata hanya sekitar 95 persen.

“Jadi sebetulnya 5 persen itu ada di bagian yang dianggap tidak akan mengganggu prioritas dari kementerian/lembaga itu. Itu yang kami lakukan,” ucap Sri Mulyani saat ditemui usai pencoblosan Pemilu 2024 di Bintaro, Tangerang Selatan pada Rabu, 14 Februari 2024.

Dia menjelaskan, automatic adjustment dilakukan pemerintah sebagai langkah antisipasi dari situasi darurat. Selama ini, kata dia, pemerintah juga melakukan hal yang sama pada 2022 dan 2023.

Pada 2022 dan 2023, tuturnya, pemerintah juga melaksanakan automatic adjustment dilakukan saat terjadi gejolak harga minyak goreng. Selain itu, pemerintah melakukan kebijakan serupa saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerbitkan instruksi presiden (Inpres) soal perbaikan jalan yang rusak.

  1. Zulhas soal Kelangkaan Beras: Stok Bulog di Pasar dan Subsidi untuk Pedagang Sudah Dinaikkan

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas) menanggapi ihwal kelangkaan stok beras yang saat ini langka di pasaran. Zulhas menyebutkan bahwa kelangkaan tersebut terjadi karena keterlambatan panen.

“Beras itu memang kita lambat, kan. Nanemnya lambat, panennya lambat. Tetapi kan kita sudah isi dengan info yang banyak, dan itu tidak merugikan petani karena harganya tinggi,” ujar Zulhas, saat ditemui di TPS usai melakukan pencoblosan pada Rabu, 14 Februari 2024.

Adapun untuk mengatasi kelangkaan stok dan lonjakan harga beras, menurut Zulhas, saat ini pemerintah telah melakukan langkah-langkah untuk memastikan pasokan beras yang memadai. Yakni dengan meningkatkan pasokan beras Bulog di pasar-pasar, dari 100-200 ribu ton per bulan menjadi 250 ribu ton.

“Sekarang di petani harga beras itu kan dibeli Rp 11.000-an, laba itu Rp 8.000, jadi tinggi sekali. Nah, untuk mengatasi harga mahal itu, pemerintah, Bulog suplai ke pasar-pasar,” imbuhnya.

Ketua Umum (Ketum) Partai PAN itu juga berkata bahwa pemerintah telah meningkatkan subsidi bagi pedagang pasar yang menjual beras Bulog dengan harga terjangkau, dari Rp 200, menjadi Rp 500.

  1. Jokowi Sebut Kelangkaan Beras Disebabkan Distribusi Terganggu

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanggapi soal kelangkaan beras di pasaran. Jokowi mengatakan, sebenarnya stok beras di Bulog masih cukup banyak.

“Ini hanya masalah, misalnya, distribusinya terganggu karena banjir. Di Demak, kemarin misalnya seperti itu,” kata Jokowi saat ditemui usai mencoblos di TPS 10, kawasan Gambir, Jakarta Pusat, pada 14 Februari 2024.

Kelangkaan beras terjadi di sejumlah retail. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia alias Aprindo mencatat peritel kesulitan memperoleh pasokan beras premium lokal kemasan lima kilogram.

Ketua Umum Aprindo Roy N. Mandey menjelaskan penyebabnya. “Keterbatasan suplai beras tersebut disebabkan saat ini belum masa panen yang diperkirakan terjadi pada pertengahan Maret 2024,” ujar Roy dalam keterangan resminya, 11 Februari 2024.

Kelangkaan diperparah dengan dengan belum masuknya beras SPHP yang dikemas dan didistribusikan oleh Bulog. Sementara harga bahan pokok beras terus merangkak naik dan sulit didapatkan beberapa waktu belakangan.   (Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini