spot_img
Senin, Mei 20, 2024
spot_img

Lebaran, Arab Saudi tetap Menerapkan Lockdown

KNews.id- Pemerintah Arab Saudi memberlakukan lockdown (penguncian wilayah) secara total, mulai Sabtu (23/5) hingga Rabu (27/5). Sebagaimana dipublikasikan KBRI Riyadh melalui instagramnya, lockdown berlaku untuk seluruh kawasan kerajaan Arab Saudi selama 24 jam.

KBRI meminta warga negara Indonesia (WNI) mengikuti aturan yang ada. Ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona baru penyebab Covid-19, yang diperkirakan akan semakin naik saat perayaan Lebaran yang diperkirakan jatuh pada Ahad (24/5) dan Senin (25/5).

Dilansir dari Alarabiya, tak ada pembukaan masjid untuk melakukan salat Ied. Muazin juga tidak akan melakukan takbir, yang lazim dilakukan saat Idulfitri. Meski demikian, umat Islam diperbolehkan melakukan salat di rumah. Hal ini juga ditegaskan Mufti Arab Saudi Syekh Abdulaziz al-Sheikh.

Silaturahim yang menjadi tradisi juga tidak diperbolehkan. Pelanggar akan didenda dari 5000 riyal (setara Rp 19.600.000) sampai 30.000 riyal.

“Mal dan pusat perbelanjaan juga akan ditutup,” ujar Kementerian Perdagangan Saudi. Sebelumnya mall dan toko, boleh beroperasi saat Ramadan.

Arab Saudi kini menjadi negara dengan kasus corona terbanyak ke-16 di dunia. Ada 65.077 kasus secara akumulatif, dengan 351 kematian dan 36.040 pasien sembuh.

- Advertisement -

Selain Arab Saudi, langkah yang sama juga dilakukan Mesir. Sementara Turki melarang salat Ied di mesjid-mesjid negara itu. (FHD& Alarabiya)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini