spot_img
Rabu, Mei 1, 2024
spot_img

Bahaya Penyakit Diabetes tak Mengenal Usia, Berikut Cara Mudah Mengatur Kadar Gula Darah

 

KNews.id – Dalam ilmu medis, keberadaan gula atau zat glukosa dalam darah disebut gula darah. Kadar gula darah yang normal pada tubuh penting bagi kinerja dan kesehatan tubuh. Namun beda cerita jika kadarnya terlalu tinggi atau rendah.

- Advertisement -

Dalam ilmu medis, kadar gula darah terlalu tinggi disebut hiperglikemia. Dikutip dari alodokter.com, kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup insulin maupun akibat resistensi insulin, yaitu hormon yang dilepas oleh pankreas.

Insulin berfungsi menyebarkan gula dalam darah ke seluruh sel-sel tubuh agar bisa diproses menjadi energi. Kebanyakan kondisi ini dialami oleh penderita diabetes yang tidak bisa menjalani gaya hidup sehat.

- Advertisement -

Misalnya terlalu banyak makan, kurang berolahraga, atau lupa mengonsumsi obat diabetes atau insulin. Orang normal yang tidak menderita diabetes juga bisa terkena hiperglikemia, terutama jika dia sedang menderita sakit berat.

Tanda-tanda Anda memiliki kadar gula darah terlalu tinggi adalah badan terasa lelah, nafsu makan menggila, bobot tubuh berkurang, sering merasa haus, dan sering buang air kecil.

- Advertisement -

Jika kadar gula darah Anda melebihi 350 mg/dL, gejala yang akan Anda rasakan, seperti perasaan mudah gelisah, tingkat kesadaran menurun, sangat kehausan, penglihatan tidak jelas, dan pusing.

Perubahan pada kondisi kulit juga dapat terlihat, seperti memerah, kering, dan terasa panas. Tentunya hal ini sangat membahayakan bagi kesehatan kita. Terlebih, saat ini diabetes tak hanya dialami oleh pasien berusia 40 tahun ke atas. Sudah banyak kasus dilaporkan, diabetes menjangkit pasien berusia di bawah 40 tahun.

Bagaimana cara mengobatinya?

Makanan yang mengandung gula dalam jumlah tinggi, dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko mengembangkan penyakit serius, termasuk diabetes, kanker payudara, dan penyakit jantung koroner.

Saat kita mengonsumsi gula, tubuh akan mengubahnya menjadi energi. Namun, asupan gula yang tinggi akan menyebabkan terjadinya penumpukan gula di dalam darah. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan agar dapat mengontrol asupan gula.

Berikut ada cara sederhana dan mudah untuk mengatur kadar gula darah dan melindungi diri dari sejumlah kondisi kesehatan yang serius seperti dilansir dari  Home Healthy Style.

Hari ke-1

Sarapan: Secangkir oatmeal dengan biji-bijian, almond atau berry atau 3 butir telur orak-arik, Snack: Secangkir kenari.

Makan siang: dada ayam rebus dan satu porsi biji labu, almond atau kacang polong yang dimasak

Makan malam: Jamur dan ikan panggang atau salmon dengan brokoli.

Hari ke-2

Sarapan: Sama seperti hari pertama, Snack: Secangkir hazelnut

Makan siang: Zukini dengan saus lada dan lemon.

Makan malam: Kacang-kacangan, sayuran yang dimasak atau dipanggang dan roti panggang.

Hari ke-3

Sarapan: Sama seperti hari pertama, Snack: Secangkir hazelnut

Makan siang: Dada ayam panggang dengan saus lemon atau ayam yang dipanggang dalam oven dengan minyak zaitun hitam, thyme, dan bawang bombai.

Makan malam: Sup dengan bawang bombai atau pasta dengan kemangi, jamur dan saus tomat (Anda juga dapat menambahkan daging).

Anda juga dianjurkan mengonsumsi air putih, teh atau kopi tanpa gula secara rutin.

(Zs/Trbn)

 

 

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini