spot_img
Jumat, Februari 23, 2024
spot_img

4 Website Penting Pemilu 2024, Ada KawalPemilu

KNews.id – Jakarta, Pemilu 2024 sudah di depan mata. Inilah 4 website penting terkait proses pemilihan umum di Indonesia.
Pada saat pemilu, masyarakat Indonesia menentukan pilihan untuk memastikan siapa wakil rakyat dan siapa presiden akan memimpin negara selama 5 tahun ke depan. Untuk lebih mengetahui terkait perkembangan hal-hal tentang pemilu, berikut website penting untuk menambah informasi terkait Pemilu 2024.

1. Kawalpemilu.org
Kawalpemilu.org adalah situs yang digagas oleh inisiatif masyarakat Indonesia pro data yang dibentuk sejak 2014 silam. Fungsinya, kanal ini sebagai ruang untuk menjaga suara rakyat di pemilu melalui teknologi real count cepat juga akurat secara crowdsourcing. Situs ini digagas antara lain oleh Ainun Najib, Felix Halim dan Andrian Kurniady.

- Advertisement -

Dengan ini, masyarakat bisa melihat langsung penghitungan suara secara real time dari hasil Pemilu 2024 nanti. Tujuan dari kanal Kawalpemilu.org ini menjadi tempat untuk mencocokkan data dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) sampai tabulasi tingkat nasional, selain itu juga mengajak masyarakat untuk berkolaborasi dalam pengawasan penghitungan suara.

2. Infopemilu.kpu.go.id
Untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi tentang Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga memiliki kanal resmi yang diberi nama yaitu infopemilu.kpu.go.id. Di sini masyarakat akan disuguhkan dengan seluruh informasi terkait Pemilu 2024, mulai dari proses tahapan pemilu, seleksi anggota KPU, cek Daerah Pemilih Tetap (DPT) secara online, hingga cek profil calon legislatif (caleg) juga para pengurus partai politik.

- Advertisement -

Ini jadi cara KPU untuk mempermudah pemilih dan penyelenggara dalam melakukan proses pencoblosan hingga penghitungan suara. Melalui infopemilu.kpu.go.id juga masyarakat bisa melihat apakah Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dimiliki disalahgunakan oleh partai politik sebagai klaim keanggotaan kader.

3. Sirekap
Situs Sirekap ini merupakan akronim dari Sistem Informasi Rekapitulasi yang digunakan KPU untuk melakukan penghitungan suara.

Sirekap sendiri memiliki dua versi yakni web dan mobile. Untuk Sirekap Mobile digunakan oleh Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dalam melakukan perhitungan atau rekapitulasi hasil pemungutan suara di masing-masing TPS, yang fungsinya sebagai arus utama sumber perolehan suara yang tersaji pada Formulir C.Hasil KWK.

Sementara untuk versi web, yaitu sirekap-web.kpu.go.id diperuntukan bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota KPU di Kota/Kabupaten dan Provinsi. Fungsinya sebagai tempat untuk menghimpun dan menjumlahkan seluruh sumber data utama.

4. Kecuranganpemilu.com
Kecuranganpemilu.com adalah website dari masyarakat sipil untuk mengawal Pemilu 2024 agar prosesnya tetap jujur dan adil. Dalam keterangan resmi mereka, publik diajak untuk mengumpulkan dan menunjukkan kecurangan yang terjadi secara terstruktur, sistematis, dan masif kepada seluruh rakyat Indonesia.

Situs ini dikelola secara kolektif oleh Yayasan Dewi Keadilan Indonesia, Firma Hukum Themis Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Indonesian Corruption Watch (ICW), Drone Emprit, dan Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), serta mendapatkan dukungan dari berbagai kelompok masyarakat sipil di Indonesia. Mereka memiliki fitur utama yaitu LAPOR untuk melaporkan kecurangan pemilu dan peta lokasi kecurangan yang terjadi.
(Zs/Dtk)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Terkini